Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat & Khasiat Bunga Anggrek




Manfaat & Khasiat Bunga Anggrek - Anggrek Coryanthes yaitu salah satu flora yg bisa menjebak serangga semoga jatuh ke dalam perangkapnya dengan memakai seni administrasi yg menarik. Sistem reproduksi anggrek ini didasarkan pada memikat serangga & mekhasiatkannya untuk membawa serbuk sarinya.

Apakah mungkin sekuntum bunga bisa menyadari kecenderungan seekor serangga? Apakah mungkin bunga menciptakan rencana semoga serangga jatuh ke dalam perangkapnya serta mengubah dirinya semoga cocok dengan tujuan ini? Tidak sanggup diragukan lagi, mustahil bunga atau serangga menjalankan seni administrasi atau siasat sedemikian hanya menurut harapan & akalnya sendiri. Namun demikian, jikalau kita mengamati makhluk-makhluk di alam ini, kita tahu bahwa mereka sering menerapkan jenis-jenis seni administrasi semacam itu.

Anggrek Coryanthes yaitu salah satu flora yg bisa menjebak serangga semoga jatuh ke dalam perangkapnya dengan memakai seni administrasi yg menarik. Sistem reproduksi anggrek ini didasarkan pada memikat serangga & mekhasiatkannya untuk membawa serbuk sarinya. Bunga-bunga anggrek jenis ini tumbuh berkelompok. Setiap bunga mempunyai dua helai kelopak yg seolah-olah sayap & sempurna di belakang kedua helai ini terdapat sebuah bejana kecil. Bila bunga membuka, cairan khusus yg dikeluarkan oleh dua kelenjar khusus mulai menetes ke dalam bejana tersebut. Tak usang kemudian bunga pun mulai memancarkan wangi-wangian yg sangat menarik bagi lebah.

Manfaat & Khasiat Bunga Anggrek :

1. Anggrek Sebagai Tanaman Hias

Anggrek dikenal sebagai flora hias terkenal yg dikhasiatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah & variasinya luar biasanya banyaknya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai flora pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia mempunyai kekayaan jenis anggrek yg sangat tinggi, terutama anggrek epifit yg hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan yaitu bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga menjadi bunga nasional Singapura & Thailand.

2. Anggrek Sebagai Simbol & Aroma Pengharum

Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, & keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani memakai anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsaTiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai flora yg mengeluarkan aroma harum dari badan Kaisar Tiongkok.

Penggunaannya pun meluas hingga menjadi materi ramu-ramuan & bahkan sempat dipercaya sebagai materi baku utama pembuatan ramuan-ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yg mendalam akan kelembuatan, romantisme, & kesetiaan dalam suatu hubungan

3. Anggrek Sebagai Tanaman Obat Herbal

Pada beberapa era yg lalu, anggrek mempunyai tugas penting dalam pengembangan tehnik pengobatan herbal yg memakai materi dari tumbuh-tanaman.

Penggunaan obat tradisional dengan materi flora Anggrek telah dipakai dalam pengobatan tradisional dalam upaya untuk mengobati banyak penyakit. Mereka telah dipakai sebagai sumber obat herbal di Cina semenjak 2800 SM. Gastrodia elata yaitu salah satu spesies anggrek dari genus Gastrodia yaitu salah satu dari tiga jenis anggrek yg tercantum dalam Materia Medica yg pertama dikenal di Cina sebagai jenis anggrek yg dipakai untuk pengobatan(Shennon bencaojing) .

4. Anggrek Sebagai Bahan Makanan

Vanili (Vanilla planifolia) yaitu merupakan anggota suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini dikhasiatkan buahnya untuk penyedap pada kue, untuk pembuatanparfum & aromaterapi .
Umbi bawah tanah dari anggrek terestrial Orchis mascula yg sudah dijadikan abu sanggup dijadikan adonan bumbu untuk memasak.

Daun kering dari anggrek Jumellea fragrans sanggup dipakai sebagai rum (perasa) pada minuman di Pulau Reunion.

Beberapa spesies anggrek Saprophytic dari kelompokGastrodia menghasilkan umbi-umbian & sanggup dikonsumsi sebagai masakan oleh orang pribumi di Australia & sanggup berhasil dibudidayakan, terutama Gastrodia sesamoides.