Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemilihan Dan Pemasteran Burung Pentet/Cendet


Cara Pemilihan dan Pemasteran Burung Pentet/Cendet
Pentet yaitu salah satu burung yang pandai menirukan sura burung lain sehingga sangat menarik untuk memaster pentet dengan burung-burung master maupun CD master yang sudah banyak di pasaran Burung-burung master yang lezat dibawakan pentet : Cililin, Cucak jenggot, Love bird, Rembetan, pelatuk, jalak suren, kutilang ngekek, Pelatuk, parkit, siri-siri, cucak gadung, cucak cungko, gereja tarung,robin betina, pancawarna betina bunyi walang, bunyi jangkrik dan masih banyak burung lain yang mempunyai tonjolan dan ngerol dengan spead yang rapat.
Waktu yang paling sempurna memaster pentet yaitu ketika mabung dan sedang tumbuh bulu, tetapi pada ketika normalpun memaster pentet juga sanggup dilakukan tergantung kecerdasan si burung tersebut..
Dari pengalaman saya Untuk memaster pentet atau burung lain ada 2 cara memakai CD mastering dan memakai master burung asli. Kedua cara ini sudah saya coba dan sudah cukup berhasil..
1. Memaster dengan CD Master
untuk memaster pentet dengan CD mastering dilakukan tiap hari sebaiknya dilakukan siang, sore dan malam hari sehabis proses penjemuran dan burung harus dikrodong. Cranya cukup dengan menyetel CD bunyi master yang kita inginkan dengan Volume yang pelan dan diputar 2-3 kali dalam sehari..lakukan terus selama seminggu lalu gres ganti dengan CD master burung lain sesuai dengan cita-cita kita..memang jadinya tidak sanggup 100% tapi minimal 20%-40% niscaya sanggup terekam tergantung daya tangkap si pentet. Untuk waktu pemasteran 2 bulan.

2. Memaster dengan Burung masteran
Untuk memaster pentet dengan burung masteran maksimal menggunaka 2 burung master dalam satu ruangan dan di ganti tiap minggu, untuk time dan kondisi sama menyerupai pada ketika kita memaster dengan CD master..sebaiknya burung yang jadi master gacor. Catatan untuk memaster dengan cililin sedikit susah alasannya yaitu bunyi cililin yang keras sanggup bikin pentet sedikit shock, sebaiknya memaster dengan cililin tidak satu ruangan denngan pentet tapi masih terdengat oleh pentet.

Waktu pemasteran 2 bulan tingakt keberhasilan 60%-80% tergantung tingkat kepandaian burung yang kita master...
Untuk burung yang sudah renta 5x keatas mabung sedikit susah memasternya jadi harus diperhatikan abjad bunyi burung yang suka dibawakannya lalu cari burung master yang menyerupai abjad bunyi burung yang suka dibawakannya, hal ini akan lebih praktis bagi pentet tua....
usia emas untuk memaster burung dari mulai berguru bunyi hingga 3 x mabung, burung akan dengan sangat cepat menagkap maupun menirukansuara yang didengarkan.
Ada satu cara lagi memaster pentet untuk lomba dengan master pentet jawara yang mempunyai variasi bunyi yang bagus, ini lebih praktis melakukannya alasannya yaitu pentet memang burung yang sanggup saling mengisi..Hanya yang perlu diperhatikan jaraj antar burung harus agak jauh sehingga bunyi pentet master yang agak jadi guru terdengar perlahan.

Tips untuk menentukan Cendet buat Lomba 
Fisik
Cendet buat Lomba sebaiknya mempunyai mental tempur yang baik dan Rajin ngocehnya diusahakan Kita menentukan cendet dengan kepala yang besar dan Bulat dengan mata yg jernih dan bersih(trengginas). Untuk Paruh Usahakan menentukan yang Tebal dan panjang diyakini cendet mempunyai Volume yg dasyat dan bertipe ngerol dan nembak, sedangkan paruh tipis diyakini cendet bertipe ngerol dan jarang mempunyai tembakan dasyat..Untuk bentuk tubuh usahakan pilih yang proporsional dari kepala hingga ekor dan kondisi burung cenderung untuk rapi(tidak bondol dsb) alasannya yaitu menghindari cendet yg banyak polah(cabut bulu dsb) dan untuk KAKI pilih KAKI cendet yg besar dan kokoh alasannya yaitu cenderung lebih praktis disetting semoga nancep pada ketika Fighter.
USIA
Sebaiknya memulai dengan cendet yg praktis Hutan alasannya yaitu akan lebih praktis dan cepat mensettingnya di bandingkan kalau memelihara dari trotol...Karena kalau kita pelihara dari trotol cendet berpotensi besar buat menjadi manja..Carilah cendet yang sudah 2-3 kali mabung sehingga kita masih punya waktu untuk mensettingnya..
Mental
Ini yg agak sulit alasannya yaitu cendet MH biasanya masih sedikit giras, tapi kalau kita perhatikan dalam kondisi hening dan didekatkan dengan cendet lain maka burung yg bermental baik akan mulai kelihatan sifat tempurnya dengan mulai berbunyi walaupun cuman bunyi TOET..TOET....TOET....Perhatikan juga ekornya kalau ekor cendet digerakkan berputar-putar berarti ada yang ditakutinya, kalau tetap lurus berarti cendet mempunyai mental yang cukup baik.
Tips terakhir ane coba pantau cendet di latberan alasannya yaitu akan lebih praktis mendapatkannya ketimbang di pasar burung..tidak perlu mengambil cendet yg juara (pasti mahal)tapi kita liat talenta dan kelebihan yg di miliki burung tersebut pada ketika dilapangan, sehingga dengan sedikit di POLES cendet kurang arif sanggup dioptimalkan untuk maen di level yang lebih tinggi...