Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengawinkan Landak Mini


Sebelum menciptakan keputusan untuk beternak landak, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan alasan mengapa Anda berniat untuk mengembangbiakkan biak mereka. Jika memelihara untuk tujuan komersil lakukan persiapan yang matang dengan segala konsekuensinya. Perlu diketahui induk landak membutuhkan perhatian yang cukup terutama dikala hamil dan pasca melahirkan. Jika merasa terganggu (khususnya satu ahad sebelum atau setelah melahirkan), dimungkinkan landak akan memangsa anaknya sendiri. Selama beberapa ahad berikutnya, Anda akan banyak menghabiskan waktu setiap hari untuk menangani bawah umur landak apalagi bila anda melaksanakan breeding dalam jumlah besar. 
Jika Anda akan beternak landak pilihlah indukan dengan teliti. Idealnya, keduanya harus mempunyai fisik yang baik, kuat, sehat, dan berasal dari keturunan yang baik. Pasangan landak juga harus memiliki  karakteristik kepribadian yang baik pula alasannya yakni akan menurun pada bawah umur mereka. Induk betina harus berusia antara 5 sampai 12 bulan dikala pertama kali dikawinkan. Tidak boleh lebih muda atau tidak lebih tua. Jika landak terlalu muda, sanggup mengakibatkan kerusakan permanen pada organ reproduksinya. Setelah landak berumur satu tahun, peluangnya hamil untuk pertama kalinya turun secara drastis.

Karena Anda akan membawa betina ke sangkar jantan, (ini lebih menjamin keberhasilan pembiakan) bersihkan kandang, hilangkan semua mainan, tabung atau kotak yang mungkin akan menghalangi perkawinan. Biarkan mereka bahu-membahu selama sekitar 7 hari. Segera setelah ditempatkan bersama-sama, pria akan mulai mencicit mengejar betina. Landak betina tidak akan pasrah begitu saja, beliau akan menolak dan berlari-lari mengelilingi kandang. Terlihat seakan-akan mereka berkelahi, tapi jangan khawatir - ini yakni sikap alamiah menjelang perkawinan. Begitu dirasa cukup betina akan berhenti dan mengangkat pantatnya sehingga landak jantan akan gampang mengawini. Akan tetapi  tidak setiap pejantan serta merta akan kawin bila anda tonton oleh alasannya yakni itu, sebaiknya tinggalkan mereka sendirian untuk sementara waktu untuk memastikan kesuksesan perkembangbiakan.
Setelah 7 hari kemudian bersihkan kandang. Anda sanggup juga mengulang perkawinan dengan membiarkannya satu ahad kemudian untuk memastikan kehamilan. Sekali lagi,  tinggalkan mereka bahu-membahu selama 7 hari dan kemudian angkan pejantan. Jangan biarkan pejantan terus bersama induk betina saat  beranak alasannya yakni keduanya sanggup memakan bayi landak!
Catatan semua tanggal aktifitas semenjak perkawinan. Masa kehamilan landal sekitar 35 hari, sehingga anda sanggup memprediksi dan melaksanakan persiapan kandang. Seorang peternak yang baik akan menyimpan catatan yang sangat lengkap, sehingga sanggup diketahui silsilah pejantan, betina, usia mereka, warna, dll Semua informasi ini akan berkhasiat bagi Anda nanti. Sebagaimana telah disebutkan, kehamilan akan berlangsung sekitar 35 hari, walaupun beberapa kasus juga terjadi landak hamil hanya 30 hari dan ada pula yang 46 hari. Jika dalam 35 hari belum ada tanda tanda berilah toleransi sampai 11 hari ke depan.
Landak hamil memerlukan kotak sarang dan dipersiapkan minimal satu ahad sebelum tanggal jatuh tempo pertama. Ada banyak sekali desain kotak sarang dan materi yang dijual di petshop-petshop. Tidak perlu terlalu panjang dan besar. Sebagai contoh, yang terkenal dan sangat sederhana yakni dengan memakai kotak sarang yang sanggup dibentuk dari baskom plastik es krim 1 galon. Bersihkan secara menyeluruh dan hapus label yang menempel. letakkan terbalik sehingga tutup es krim nantinya menjadi alas.  Buat lubang berdiameter 4 inci di samping. Lubang dibentuk 1 inci dari atas alas. Tujuannya biar anak landak nantinya tidak sanggup berjalan keluar sarang sebelum waktunya. Jika Anda ingin menciptakan sesuatu yang lebih rumit, Anda sanggup menciptakan sangkar pembiakan khusus. Didalam sangkar biasa, tambahkan tabung PVC berdiameter 4 inci . ujung yang satu berada didalam sangkar dan ujung lainnya menembus keluar kandang. Ujung yang berada diluar sanggup anda tutup dengan epilog peralon ukuran 4 inci pula. Jangan dilem secara permanen. Keuntungan dari jenis kotak sarang ini akan memudahkan kita menilik bayi landak tanpa mengganggu induknya. Induk betina akan mulai kembali keluar untuk makan di hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, peralon 4 inci dianggap ideal alasannya yakni anakan landak akan tetap terkumpul sehingga menerima susu induknya secara merata. tingkat ajal selama ahad pertama sanggup tinggi. Jika dilengkapi dengan tabung menyerupai ini, induk betina akan lebih banyak mengasuh anaknya disarang dan hanya sesekali keluar untuk  memindahkan sampah ke luar tabung
Selama dua ahad terakhir kehamilannya, tingkatkan porsi masakan landak. Bersih kandangnya (tidak perlu disucihamakan) tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo. Lanjutkan untuk melihat dan memantau dikala induk sedang makan. Dengarkan apakah ada bunyi decitan kecil dari dalam kotak sarang.  Minggu pertama yakni waktu yang sangat penting bagi induk landak betina.  Sedikit gangguan sanggup mengakibatkan landak membunuh dan memakan bayi-bayinya. Jika salah satu dari anak landak lahir di luar kotak pada ahad pertama, jangan menyentuhnya! Bau tangan Anda di bayi landak sangat mungkin mengakibatkan ibu untuk menolak atau membunuh anaknya. Sebaiknya, gunakan sendok yang higienis dan mengembalikannya ke sarang ketika induk landak tidak melihat. Gunakan masakan untuk mengalihkan perhatian.
http://www.petsgaleri.com