Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Burung Mabung (Moulting)


Cara Mengatasi Burung Mabung (Moulting)
Burung mengalami rontok bulu atau mabung atau juga sering disebut ngurak ataupun Moulting, bukan hal yang absurd bagi para hobiis. Tetapi cara bagaimana yang seharusnya memperlakukan burung yang sedang mabungtersebut. Sebelumnya kita harus memahami apakah mabung itu sendiri. Mabung merupakan suatu siklus normal burung untuk berganti bulu. Pada ular sering kita istilahkan ganti kulit. Lapisan kulit luar burung mengalami fase yang sangat ringkih sehingga terasa sakit. Itulah yang menimbulkan burung merasa ketakutan dan berimbas pada perubahan pola perilaku. Yang paling umum yakni menjadi hiperaktif dan berhenti berkicau.  Pada burung lomba, berhenti berkicau terang merupakan kesalahan fatal. Lakukan langkah langkah sebagai berikut untuk memepercepat proses mabung dan burung kembali fit.
Isolasi burung yang sedang mabung. Caranya cukup dengan mengkerodong sangkar dan letakkan jauh dari keramaian. Dengan kondisi hening burung otomatis juga akan berkurang agresifitasnya sehingga bulu tidak semakin rusak atau rontok. Buka krodong dikala proses pencucian kotoran sangkar di pagi hari.
Beri masakan cukup. Seperti halnya insan yang sedang sakit, burung pun perlu menerima asupan masakan yang berlebih. Mitos selama ini justru menganjurkan untuk mengurangi porsi dan kualitas masakan dan hal tersebut salah kaprah. Kroto, ulat hongkong, jangkrik, yakni pola pakan yang manis dan sanggup memperbaiki proses metabolism. Imbangi juga dengan Multivitamin yang berkualitas yang dicampurkan dengan air minum 2x seminggu.

Kebersihan sangkar tetap harus diperhatikan. Lakukan pencucian kotoran dan buang sisa masakan setiap pagi alasannya kotoran burung yang menumpuk akan meningkatkan kadar amonia dan mengundang bibit penyakit yang sanggup melukai kulit burung.

Master suara. Beberapa perawat burung meyakini masa mabung yakni masa pembentukan huruf burung. Masa tersebut sanggup dimanfaatkan untuk memaster burung alasannya burung mabung yang di krodong lebih banyak mendengar daripada berkicau meniru. Sebaiknya proses master tidak perlu dilakukan secara ekstrim tetapi sewajarnya. Burung master di letakkan sekitar 10 M dan cukup hanya 1 sampai 2 jam saja sehari
Mengingat kondisi kulit dan bulu sedang rapuh. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari. Lakukan sekitar pukul 7 dikala matahari sedang hangat.

Perbanyak donasi buah pepaya, alasannya buah papaya mengandung banyak vitamin C yang membantu metabolisme badan burung.