Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menanam Kangkung sistem Hidroponik

Tips Menanam Kangkung sistem Hidroponik

Kangkung merupakan salah satu jenis tumbuhan hijau yang disukai oleh banyak orang. Nama latin dari tumbuhan sayuran ini ialah Ipomoea aquativa forsk. Sayuran ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia alasannya sanggup dioleh menjadi majemuk hidangan. Kangkung sanggup dimasak dengan cara ditumis , untuk lalapan, untuk sayur bening, dan masih banyak lagi jenis sayuran dari olahan kangkung. Tips Menanam Kangkung sistem Hidroponik sanggup menjadi solusi bagi Anda yang ingin mempunyai tumbuhan kangkung sendiri di rumah. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Kangkung merupakan salah satu jenis tumbuhan hijau yang  disukai oleh banyak orang Cara Membuat Tanaman Hidroponik Kangkung Mudah dan Cepat Panen
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Kangkung mempunyai dua jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air. Untuk tumbuhan hidroponik kangkung, perawatannya sanggup dilakukan dengan cukup mudah. Anda nantinya tidak perlu lagi untuk membeli kangkung di pasar saat ingin memasak. Tanaman hidroponik kangkung sanggup tumbuh dengan subur dan sanggup dinikmati dalam waktu yang tidak lama. Bayangkan, dalam waktu 4 sampai 6 ahad saja Anda sanggup menikmati hasil kangkung dari tumbuhan hidroponik Anda. Kecepatan pertumbuhan tumbuhan kangkung inilah yang menciptakan harga kangkung menjadi ekonomis.

Cara Menanam Tanaman Kangkung Secara Hidroponik

Rasa kangkung yang nikmat menciptakan banyak orang ingin mencoba mengembangbiakan kangkung, baik secara hidroponik maupun secara non hidroponik. Jika Anda mempunyai lahan yang kurang, teknik menanam kangkung hidroponik sanggup menjadi hal yang menarik untuk Anda coba. Untuk memulai menanamnya, Anda sanggup mempersiapkan beberapa materi dan peralatan terlebih dahulu. Bahan-bahan dan peralatan yang harus Anda persiapkan untuk menanam kangkung dengan memakai teknik hidroponik ialah sebagai berikut: 
  • Persiapkan benih kangkung 
  • Persiapkan besek berlubang 
  • Persiapkan bejana untuk daerah nutrisi
  • Pupuk hidroponik atau nutrisi hidroponik. Anda sanggup memakai nutrisi hidroponik Ab Mix untuk merangsang kangkung supaya tumbuh dengan cepat. 

Bahan yang dipakai dalam mempraktekkan cara menciptakan Tanaman hidroponik kangkung gampang didapatkan di toko pertanian. Anda juga sanggup mendapatkannya secara online lho. Pertama-tama, rendamlah benih dengan memakai air hangat supaya nantinya cepat tumbuh. Buanglah benih yang mengapung. Ketika telah berkecambah. Siapkan nutrisi untuk tumbuhan hidroponik di dalam ember. Anda sanggup memakai nutrisi Ab Mix. 

Masukkanlah ke dalam bejana dan tidak melebihi wadah yang bolong untuk mencegah akar membusuk. Jadi, perhatikan hal ini ya. 

Ketika benih telah di simpan di dalam keranjang yang bolong, Anda sanggup memperkenalkan secara eksklusif bibit tersebut dengan sinar matahari. Untuk merangsang gerakan fototropisme yang merupakan gerakan yang terjadi tanggapan dampak rangsangan cahaya, Anda sanggup menutup benih dengan plastik berwarna hitam. Gantilah nutrisinya secara berkala. Itulah cara menciptakan tumbuhan hidroponik kangkung secara sederhana dan mudah. Hasilnya sanggup Anda nikmati sesudah ahad ke empat sampai ahad ke enam. Selamat mencoba dan semoga berhasil.