Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah

 merupakan tumbuhan yang berasal dari India Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah

Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah |  Terong (Solanum melongena) merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Tanaman yang masih kerabat dari cempokak ini merupakkan tanman yang banyak di budidayakan di indonesia, selain alasannya cocok dengan iklim dan tanahnya terong di indonesia banyak peminat dah harganya yang cukup stabil di banding sayuran lain.

Tanaman terong sanggup hidup selama 2 tahun dan produksi buahnya tinggi, oleh alasannya itu terong ialah salah satu jenis sayuran yang menguntungkan dan mempunyai prospek cerah untuk di budidayakan.

Terdapat banyak jenis terong yang sanggup di budidayakan di indonesia, menyerupai terong manggis, terong ungu, terong hijau, terong lalap, terong pondoh dan lain lain.

Terong sanggup tumbuh di mana saja, baik dataran rendah, sedang maupun tinggi. Tanaman terong sanggup berproduksi tinggi pada suhu 22-30 derajat celcius dengan Ph 6-7.

Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah

Proses Pemilihan Bibit Dan Penyemaian

Dalam budidaya terong bibit sanggup memakai biji varietas unggul yang banyak di jual ditoko pertanian atau sanggup dengan membuatnya sendiri yang di sebut dengan bibit lokal.


Bibit biji yang sudah kita pilih kemudian di rendam kedalam air hangat hangat kuku selama 15-30 menit kemudian tiriskan.


Siapkan handuk lembap kemudian masukkan bibit yang sudah di tiriskan tadi kedalam handuk dan biarkan semalam bibit akan berkecambah.

Masukkan bibit yang sudah berkecambah kedalam polybag yang diisi tanah dan arang sekam dengan perbandingan 2:1 atau sanggup dengan menciptakan bedengan dan bibit di taburkan diatas bedengan dan di tutupi pupuk sangkar halus, sirami setiap hari 2 kali penyiraman.

Berikan naungan/atap dari paranet atau daun kelapa untuk melindungi bibit dari sinar matahari secara langsung.

Setelah umur bibit memasuki 25-28 hari bibit sudah sanggup di pindah di lahan, jangan hingga lebih dari satu bulan untuk memindahkannya ke lahan alasannya jika terlalu usang pertumbuhan terong akan terhambat.

 merupakan tumbuhan yang berasal dari India Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah
Contoh Bibit Siap Tanam


Proses Pengolahan Lahan

Peroses pengolahan lahan di lakukan dengan cara membersihkan lahan dari rumput liar dengan memakai arit tau dengan di semprot menggunakkan obat rumput.

Bajak tanah yang sudah higienis supaya tanah menjadi gembur dan buatkan gulutan dengan ukuran lebar 80-100 cm tinggi 30-40 cm panjang di sesuaikan dengan kondisi lahan.

Setelah proses penggulutan tamat berikan pupuk sangkar yang sudah matang sebanyak 15 ton/hektar di atas gulutan dan jika Ph tanah kurang dari 6 maka tambahkan kapur pertanian atau kapur dolomit sebanyak 2ton/hektar.

Tutup bedengan dengan plastik mulsa supaya pupuk tidak cepat menguap dan gulutan tidak habis terbawa air.

Lubangi mulsa secara berbaris dengan mengguna kaleng susu yang di panaskan, buat lubang dengan jarak antar lubang tanam 50 cm dan jarak antar barisan 70 cm.

Proses Penanaman Dan Perawatan

Peroses penanaman terong di lakukan pada ketika pagi hari atau sore hari usahkan sebelum di tanam sirami bedengan supaya tidak kering alasannya terong rawan sekali akan kekeringan.

Masukkan bibit satu lubang satu dengan hati hati jangan hingga akar terongnya rusak dan terputus.

Berikan ajir dengan memakai bambu untuk menopang tumbuhan terong sehabis umurnya 2-3 ahad sehabis tanam, pemasangan ajir hendaknya berjarak 5-7 cm dari batang terong supaya tidak melukai akar terong. Ikat terong pada ajir memakai tali rapia/ tali plastik.

Pemupukan suplemen di lakukan mulai dari umur 2 ahad sehabis tanam dengan memakai pupuk Urea dan Npk Mutiara sebanyak 100-150 gram pertanaman atau kira kira 1 kepal.

Ulangi pemupukan pada usia 5 dan 7 ahad sehabis tanam dan setiap 2 kali pemetikan dengan cara pupuk Npk mutiara yang di cairkan dengan perbandingan antara pupuk dan air 1:20 liter.

Bersihkan rumput di sekitar tumbuhan dan perhatikan hama yang menyerang biasanya hama yang menyerang tumbuhan terong ialah kutu daun, ulat, lalat buah dan cabuk sanggup kita basmi memakai pestisida yang banyak di jual di toko pertanian.

 merupakan tumbuhan yang berasal dari India Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah
Contoh Tanaman Terong Yang Sehat

Proses Pemanenan

Pemanenan pertama budidaya terong sanggup di laukan setalah umur 80-90 hari sehabis tanam, tergantuk varietas dan jenisnya. 

Pemetikan buah terong sanggup di laukakan setiap 3-5 hari sekali, dalam satu kali tanam sanggup di petik hingga 14 kali sanggup lebih.

Usahakan pemanenan dilakukan di waktu pagi dan sore hari untuk menjaga buah tidak gampang layu akhir panas.

Demikian klarifikasi tentang Tips Budidaya Terong Hasil Melimpah semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.