Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Menanam Tanaman Hidroponik

kali ini saya akan membahas wacana Tanaman Hidroponik Menanam Tanaman Hidroponik

Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Mudah - Selamat tiba di blog  kali ini saya akan membahas wacana Tanaman Hidroponik.

Apa Itu Tanaman Hidroponik ?
Tanaman hidroponik yaitu tumbuhan yang media tanamnya bukan memakai media tanah menyerupai menanam pada umumnya melainkan berupa air dan nutrisi.

Dalam menanam hidroponik kita sanggup jug memakai media yang banyak mengandung unsur hara menyerupai cocopeat (Serabut Kelapa), pasir, arang sekam sebagai pengganti tanah jikalau tidak ada sanggup memakai pecahan genteng untuk media tumbuhnya tanaman.

Menanam Tanaman Hidroponik 

Sebelum kita membahas wacana tumbuhan hidroponik alangkah baiknya kita mengetahui bahwa menanam dengan cara hidroponik sangat gampang dan sanggup di tanam di lahan yang sempit jadi kita sanggup menanamnya di pekarangan rumah.

Untuk hasil panen yang dihasilkan juga sangat lah baik dan higienis alasannya tidak bersentuhan dengan tanah secara langsung.

Tanaman yang di hasilkan sanggup di konsumsi secara pribadi atau di masak terlebih dahulu alasannya tidak mengandung pestisida dan sanggup di makan hingga ke akar akarnya.

Menanam Tanaman Hidroponik sanggup dengan dua cara

1 Dengan Menggunakan Cara NTV (Nutrient Film Technique)

Menanam dengan cara NTV (Nutrient Film Technique) yaitu dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya tumbuhan dengan memperhatikan nutrisi dan sirkulasi oksigen.

Langkah pertama yang harus kita siapkan yaitu menyiapkan kawasan tumbuhnya tumbuhan yang akan kita tanam. Untuk lebih lanjut baca di bawah ini :

  • Siapkan kolam penampung air untuk menyimpan air yang sudah di campur dengan nutrisi.
  • Siapkan paralon atau talang air lalu lubangi paralon dan tutupi di setiap ujung paralon semoga air tidak pribadi kluar.
  • Pasang pompa air di dalam kolam penampung air, berikan selang dan alirkan ke paralon yang sudah di lubangi jangan lupa sisi paralon yang satunya juga di beri selang pembuangan dan arahkan ke kolam penampung. Setelah final bibit siap di tanam.

2 Dengan Menggunakan Cara Sederhana

Dalam cara ini kita sanggup memanfaat kan barang barang bekas yang bahannya banyak di sekitar kita menyerupai botol mineral, kolam bekas dan yang lainya.

Cara menciptakan tumbuhan hidroponik sederhana tidak lah sulit, berikut yaitu caranya :
  • Siapkan botol air mineral 1,5 liter dan potong menjadi dua bagian,
  • Siapkan sumbu kompor sanggup juga di ganti dengan kain yang penting sanggup menyerap air.
Setelah materi cukup, selanjutnya lubangi tutup botol untuk di berikan sumbu fungsinya untuk menghantarkan air ke tanaman.

Botol yang sudah di potong menjadi dua bab disatukan dengan cara sisi yang atas di balik mengarah ke bab bawah.

Barulah masukkan cocopeat (Serabut Kelapa) kedalam botol yang telah di buat dan bibit siap untuk ditanam.

kali ini saya akan membahas wacana Tanaman Hidroponik Menanam Tanaman Hidroponik
Contoh Hidroponik Dari Botol Bekas



Baca juga :

Penanaman Bibit

Setelah semua siap langah berikutnya yaitu masukkan bibit yang sudah tumbuh kedalam media botol plastik yang telah di isi cocopeat.

Berilah air pada botol plastik dan tambahkan nutrisi berupa pupuk cair, sanggup memakai pupuk cair organik maupun yang kimia.

Berikan naungan diatas tumbuhan yang telah di tanam di media tanam semoga menjaga dari sinar matahari langsung.

Perawatan Tanaman Hidroponik

Dalam perawatan tumbuhan hidroponik tidak lah sulit, di karenakan media yang digunaka berupa air sehingga hama yang mengganggu pertumbuhan akar menyerupai cacing atau ulat juga tida ada.

Perawatan tumbuhan sanggup dilakukan dengan menyulam tumbuhan yang mati, menambahkan air yang menyusut alasannya penguapan.

Cukup gampang bukan dalam Menanam Tanaman Hidroponik sendiri di rumah, semoga anda termotifasi untuk segera membuatnya.

Demikian yang sanggup saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda yang akan memulai Menanam Tanaman Hidroponik. Semoga Sukses.