Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Budidaya Kelapa Sawit


Teknik Budidaya Kelapa Sawit

Teknik Budidaya Kelapa Sawit |  Kelapa sawit atau (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan tumbuhan penghasil minyak nabati yang sangat berkhasiat bagi manusia.

Perkebunan kelapa sawit di indonesia banyak terdapat di sumatra dan kalimantan sebab kondisi lahannya cocok yaitu lahan gambut.

Tanaman kelapa sawit juga tidak hanya memperlihatkan laba bagi para petani, Negara juga di untungkan dengan komoditi ini mengingat indonesia ialah salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Teknik Budidaya Kelapa Sawit

Beriut ini saya akan menjelaskan tata cara menanam kelapa sawit yang baik dan mudah.

Pemilihan Bibit

Dalam menentukan bibit carilah bibit yang unggul dengan ciri berbuah lebat, bobot per janjang di atas 50 kg dan umur indukan yang sudah tua.

Penyemaian Bibit

Penyemaian bibit dilakukan dengan cara merendam buah kelapa sawit kedalam air hingga biji dan kulitnya terlepas, lalu semai di bedengan.

merupakan tumbuhan penghasil minyak nabati yang sangat berkhasiat bagi insan Budidaya Tanaman Kelapa Sawit
Proses Pertumbuhan Kelapa Sawit

Setelah bibit berkecambah pindahkan bibit ke dalam polybag yang diisi tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1.

Susun polybag yang telah diisi bibit ke bedengan dan beri naungan semoga tidak terkena sinar matahari langsung, siram bibit 2 kali sehari. Bibit siap di tanam sesudah berumur 3-4 bulan.

Pemilihan Lahan

Pilih lahan yang banyak mengandung air sebab kelapa sawit cendrung menyukai air untuk tumbuh kembangnya. Contoh lahan : lahan gambut, lahan erat rawa dan erat sungai.

Pengolahan Lahan 

Dalam pengolahan lahan Budidaya Tanaman Kelapa Sawit yaitu bersihkan lahan dari tumbuhan kayu dan rumput liar yang akan mengganggu pertumbuhan kelapa sawit.

Berikan ajir berupa sebilah bambu atau kayu untuk mempermudah proses pelubangan dan semoga jara antar tumbuhan sanggup sejajar dan memudahkan dalam perawatan.

Lubangi tanah dengan ukuran panjang:lebar:dalam (50:50:50) tambahkan pupuk sangkar atau kompos kedalam lubang satu bejana kira kira 5-7 kg per lubang.

Baca juga

Penanaman Kelapa Sawit

Penanaman kelapa sawit yaitu dengan cara melepaskan bibit dari polybag, lalu masukkan bibit kedalam lubang dan tutup dengan tanah dan padatakan.

merupakan tumbuhan penghasil minyak nabati yang sangat berkhasiat bagi insan Budidaya Tanaman Kelapa Sawit
Contoh Bibit Yang Siap Tanam

Perawatan Kelapa Sawit

Perawatan kelapa sawit sanggup di lakukan dengan memperlihatkan pupuk terhadap setiap pohon dengan takaran : Urea, Tsp, Kcl 0,5 kg tiap tumbuhan dan sanggup bertambah sesuai umur tanaman.

Pembersihan rumput di sekitar batang kelapa sawit dengan memakai cangkul atau sanggup dengan penggunaan herbisida (Obat Rumput).

Panen Kelapa Sawit

Proses pemanenan kelapa sawit sanggup di lakukan sesudah berumur 3-3.5 tahun sesudah tanam. Ciri ciri buah yang sudah masak ialah warna buah berwarna orange dan biji kelapa sawit mulai ada yang berjatuhan.

Sekian klarifikasi yang sanggup saya berikan, semoga sanggup bermafaat bagi anda yang tertarik memulai usaha Budidaya Tanaman Kelapa Sawit.