Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Manggis & Pengolahannya Untuk Kesehatan



Dikalangan masyarakat kulit buah manggis sudah dikenal mempunyai banyak khasiat & telah cukup terbukti kehasiatannya.
Tidak heran bila banyak orang yg mencari kulit manggis untuk dipakai sebagai obat alami.Yang luarbiasa. Kulit manggis ternyata sanggup menurunkan tekanan darah tinggi & mencegah penyakit jatung.

Berikut ini ada 35 khasiat kulit manggis untuk kesehatan :

1.            Memperkuat sistem kekebalan.
2.            Mengatasi sesak nafas.
3.            Mengatasi keracunan makanan.
4.            Menurunkan tekanan darah tinggi.
5.            Mengurangi resistensi insulin.
6.            Membantu mencegah kerikil ginjal.
7.            Menyembuhkan pera&gan.
8.            Memperlambat proses penuaan.
9.            Membantu menghentikan diare.
10.          Alat bantu sistem getah bening.
11.          Memperbaiki komunikasi antar sel.
12.          Mengurangi sakit gigi.
13.          Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.
14.          Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
15.          Mengagalkan kerusakan DNA.
16.          Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
17.          Membantu meringankan penyakit asma.
18.          Menurunkan pembengkakan ketika menstruasi.
19.          Dapat mencegah kanker.
20.          Membantu mencegah disentri.
21.          Membantu penurunan berat ba&.
22.          Memberantas penyakit TBC.
23.          Menurunkan kolesterol LDL.
24.          Memperkuat pembuluh darah.
25.          Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah).
26.          Membantu mencegah penyakit jantung.
27.          Membantu menyembuhkan borok/bisul.
28.          Menyembuhkan luka tenggorakan.
29.          Membantu menyembuhkan sariawan.
30.          Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
31.          Sebagai obat pencuci perut yg lembut.
32.          Menurunkan pembengkakan ketika menstruasi.
33.          Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS).
34.          Mencegah tanda-tanda yg bekerjasama dengan penyakit lupus.
35.          Meredakan sakit akhir ra&g sendi.

Dari 35 khasiat yg disebutkan ditas, masih banyak khasiat & khasiat kulit manggis.  Untuk mendapatkannya anda sanggup menciptakan juice untuk dikonsumsi.

  1. Keroklah 1-3 kulit manggis dengan sendok pada potongan dalamnya kemudian di jus.  Untuk menambah cantik anda sanggup menambah gula jawa/merah, gula aren atau pun madu. Semakin banyak anda memakai kulit buah manggis maka rasanya akan semakin pekat sepatnya. Namun bila terkena potongan getah atau berwarna hitam maka akan terasa pahit.
  2. Rebus kulit manggis, air rebusan tadi akan dipakai sebagi pembuat jus. Jika anda tidak ingin rasa manggi terasa pekat, maka anda sanggup merebusnya kemudian air  rebusan tadi sanggup dipakai untuk jus. Caranya rebuslah dengan 6 gelas air kulit buah manggis sebanyak 3-5 tunggu sampai menjadi 3 gelas. Nah air rebisa tadi sanggup anda buat jus dengan buah lain, atau sanggup anda minum sebagai we&g saja. Dan bila masih ada sisa, anda sanggup menyimpannya di kulkas untuk dikonsumsi hari berikutnya. Untuk resep pengobatan anda sanggup mengkonsumsi 2-3 kali sehari, & ditambah dengan madu.
  3. Dengan cara direbus & dikeringkan. Carai ini merupakan antisipasi untuk menanggulangi  kulit manggis bila tidak pada musimnya, dengan hal  itu buah manggisdiiris-iris kemudian dijemur & dikeringkan. Anda harus benar2 memastikan apakah kulit manggis itu benar2 kering, sebab pada animo hujan biasanya memakan waktu usang dalam pengeringan & tingakat kelembaban berbeda dengan animo kemarau, selain itu anda sanggup meragukan tumbuhnya jamur pada kulit manggis sebab tingkat kelembaban yg berbeda tadi. Jika sudah benar-benar kering maka simpanlah di daerah kering semoga tahan lama. Untuk menciptakan jus, anda ambil saja 1 genggam kulit manggis yg sudah kering tadi kemudian rebis. Nah airnya sanggup anda jadikan air jus untuk buah lain.
  4. Dengan cara di tumbuk & dikeringkan, cara ini juga untuk kengantisipasi untuk emnnggulangi kehabisan buah manggis jika tidak pada musimnya. Be&ya cara ini ketika sudah dikeringkan kemudian ditumbuk  untuk untuk menjadi serbuk. Serbuk kulit manggis ini yg nantinya sanggup dipakai untuk nge jus yg tentunya dengan buah lain. Anda sanggup menentukan buah yg anda sukai. Tidak menjadi patokan harus dengan buah tertentu, kecuali bila anda mempunyai penyakit tertentu yg mengharuskan menghindari atau pantangan pada buah tertentu
  5. Dengan cara buah manggis & kulitnya di jus. Hal ini marupakan cara yg terakhir dimana kita tidak hanya mekhasiatkan kulitnya saja, namun buahnya pun kita ikutkan untuk di jus. Caranya, ambillah manggis 1-2 buah  yg telah di cuci, kemudian di belah, masukkan keseluruhan buah manggis (kulit & bijinya), untuk kulit manggis sebaiknya di iris-iris terlebih dahulu supaya ketika diblender lebih mudah. Tambahkan gula aren atau madu secukupnya. Segeralah di minum, sebab bila terlalu lama, maka warna akan berubah menghitam & mengental pada potongan atas, namun tidak menjadi masalah, tetap sanggup diminum