Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komposisi Larutan Nutrisi Hidroponik Terbaik Untuk Daun, Bunga Dan Buah

Pupuk merupakan komponen yang cukup penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk pada tumbuhan hidroponik kita kenal dengan istilah nutrisi dicampur dengan air sampai menjadi larutan. Komposisi larutan nutrisi hidroponik sangat dipengaruhi oleh jenis tumbuhan yang kita tanam. Hal ini alasannya yaitu kebutuhan nutrisi antara satu jenis tumbuhan dengan jenis lainnya akan berbeda. Karena itu, kita akan mengenal beberapa macam jenis nutrisi untuk banyak sekali jenis tanaman.

Pupuk merupakan komponen yang cukup penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan Komposisi Larutan Nutrisi Hidroponik Terbaik Untuk Daun, Bunga dan Buah
Baca Juga : Larutan Nutrisi Hidroponik Yang Digunakan Pada Cara Tanam Hidroponik

Jenis larutan nutrisi hidroponik dapat kita klasifikasikan menjadi 2 jenis menurut kebutuhan tanaman. Yang pertama yaitu larutan yang dipakai untuk tumbuhan yang kita panen daunnya. Dan yang kedua yaitu larutan nutrisi yang dipakai untuk tumbuhan bunga dan buah. Kedua larutan nutrisi ini akan mempunyai unsur yang sama yang diharapkan oleh tanaman. Namun demikian, variasi jumlah unsur akan berbeda alasannya yaitu tumbuhan daun, tumbuhan bunga, dan tumbuhan buah mempunyai kebutuhan nutrisi berbeda.

Pupuk atau nutrisi hidroponik mempunyai 2 jenis bentuk, yaitu padat dan cair. Nutrisi cair dapat kita pribadi gunakan dengan ukuran tertentu sesuai dengan petunjuk. Namun demikian, nutrisi padat harus kita buat larutan biar dapat dipakai dengan baik. Komposisi larutan nutrisi hidroponik yang dipakai untuk tumbuhan daun biasanya akan lebih banyak mempunyai kandungan nitrogen yang baik untuk pertumbuhan daun. Penggunaan larutan yang sesuai akan menciptakan tumbuhan tumbuh baik.

Kandungan larutan nutrisi hidroponik untuk tumbuhan bunga dan buah akan mempunyai kecenderungan yang sama. Kebutuhan fosfor yang tinggi untuk pertumbuhan batang, bunga, dan buah menciptakan larutan nutrisi akan mempunyai persentase unsur yang berbeda antara satu dan lainnya. Karena keadaan tersebut, sebaiknya kita membeli sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula kalau kita menciptakan larutan nutrisi sendiri, maka kita juga harus memperhatikan komposisi unsur yang ada.

Sebaiknya kita memakai larutan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Apabila kita memakai pupuk daun berlebih pada tumbuhan buah, maka buah yang dihasilkan tidak akan menghasilkan buah yang sempurna. Misalkan pada tumbuhan tomat dan cabe, apabila kita memakai terlalu banyak nutrisi daun, maka sebelum buah masak tepat buah dapat pecah. Begitu pula dengan tumbuhan daun, kalau memakai pupuk bunga dan buah maka batang akan cenderung keras.

Komposisi larutan nutrisi hidroponik yang dijual di pasaran biasanya telah diuji sampai akan tepat sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kalau kita membeli larutan yang telah ada, pastikan larutan sesuai dengan tumbuhan yang kita tanam. Selain itu, kita juga harus melihat label dan cara penggunaan larutan nutrisi hidroponik tersebut. Cara penggunaan larutan yang tepat dan sesuai hukum akan menciptakan tumbuhan yang kita beri larutan nutrisi tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan.