Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kandungan Kimia Dan Zat Aktif Kencur

Tanaman Herbal KENCUR. Di Indonesia flora ini mempunyai nama yg berbeda-beda tergantung daerah. Di tempat Sumatera, mulai dari Aceh dikenal dengan nama Ceuko, di Gayo disebut Tekur, di Batak disebut Kaciwer, di Minangkabau berjulukan Csayae, dan di Lampung berjulukan Cokur. Di Jawa Barat disebut Cikur, Di Jawa Tengah dan Timur disebut Kencur sedangkan di Madura disebut Kencor. Di Bali disebut Cekuh, Orang Sasak menyebutnya Cekur dan di Sumba disebut Cekir. Di Sulawesi disebut Kencur, Sedangkan orang Makassar menyebutnya Cekuru dan orang Bugis menyebutnya Ceku.

Kencur yaitu flora yg tumbuh pada tempat dataran rendah atau tempat pegunungan yg tidak terlalu banyak air tetapi subur dan sedikit teduh. Kencur tergolong flora rimpang dan mempunyai kerabat bersahabat dengan jahe,kunci, kunyit dan sebagainya. Tanaman ini sanggup ditanam di pot atau tanah asalkan cukup sinar matahari dan tidak terlalu basah. Biasanya kencur tumbuh dan berkembang pada isu terkini hujan.

rasa pedas, hangat, agak pahit

Penyulingan Kencur menghasilkan minyak atsiri. Menurut penelitian minyak atsiri yg dihasilkan dari kencur memilik lebih dari 23 jenis senyawa. Kandungan kimia yg terdapat dalam kencur yaitu :

Pati (14,4%)
Mineral (13,73%)
Minyak Atsiri (0,02%)
Berupa Sineol
Asam metal kanil
Penta dekaan
Asam Cinnamic
Ethyol aster
Borneol
Kamphene
Paraeumarin
Asam anisic
Alkaloid
Gom