Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Bertanam Hidroponik Pemula

Pernahkah Anda mendengar cara bertanam hidroponik? Pastinya Anda sudah tahu dengan cara bercocok tanam dengan hidroponik ini. Cara tanam hidroponik ini memang sedang booming lantaran sanggup dilakukan di perkotaan yang hanya mempunyai lahan sempit. Selain itu, Anda tidak memerlukan media tanam tanah, lantaran cara bercocok tanam dengan hidroponik hanya memakai air dan materi lain yang bisa didapatkan dengan mudah. Adapun, berikut cara bertanam hidroponik pemula yang mungkin bisa membantu Anda.

Pernahkah Anda mendengar cara bertanam hidroponik Inilah Cara Bertanam Hidroponik Pemula

Sebenarnya, ada beberapa cara bertanam hidroponik pemula, akan tetapi sebaiknya Anda memakai cara wick atau sumbu lantaran sangat gampang dan tidak memerlukan peralatan yang susah. Selain itu, materi pembuatannya bisa memakai botol bekas minuman mineral sehingga akan mengurangi pencemaran lingkungan. Dengan cara ini juga bisa menghemat pengeluaran biaya dan tetap mendapat hasil yang memuaskan. Anda perlu menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan menyerupai botol bekas, pisau, gunting, paku, sumbu kompor atau kain flanel, serta nutrisi. 

Cara menciptakan daerah untuk tumbuhan sendiri bisa dibentuk dengan gampang yaitu, pertama memotong botol plastik bekas menjadi dua bagian. Kemudian memberi lubang pada tutup botol bekas air mineral tersebut. Kedua, gabungkanlah dua bab botol bekas dengan posisi yang benar, bab atas botol terjungkir balik dan bab bawah botol menopang bab atas botol. Ketiga, Anda sanggup memasang sumbu di lubang tutup botol yang telah dilubangi tadi. Selanjutnya teruskan dengan penanaman tanaman, akan tetapi pastikan dengan benar posisi sumbunya supaya bisa menyerap nutrisi dan tumbuhan mendapat nutrisi yang cukup. 

Tanamlah menyerupai sayur mayur ataupun bunga yang mempunyai akar serabut. Media tanam bisa memakai sekam, spons, atau kerikil bata. Isilah bab bawah botol dengan nutrisi yang bisa Anda buat sendiri ataupun membelinya di toko pertanian. Penanaman hidroponik dengan cara ini memang akan sangat gampang diterapkan di perkotaan sehingga masyarakat kota sanggup memperoleh supplay sayuran yang segar dan tentunya murah. Hal ini juga berfungsi untuk melestarikan lingkungan dan menyaring polusi udara yang kian meningkat. 

Apabila penanaman hidroponik ini dilakukan, pastinya akan mendatangkan banyak manfaat untuk personal maupun banyak orang. Keuntungan untuk personal tentunya sanggup menikmati sayuran organik yang murah dan gampang tanpa ke pasar atau supermarket, dan tentunya juga bermanfaat untuk banyak orang lantaran lingkungan sanggup lebih baik dan polusi sedikit berkurang.

Itulah cara bertanam hidroponik pemula, semoga dengan adanya ulasan ini sanggup menginspirasi Anda untuk melestarikan lingkungan. Cara tanam hidroponik ini sangat gampang diterapkan apalagi kalau diiringi dengan cita-cita dan niat yang besar tentunya akan lebih cepat untuk terealisasi. Perlu Anda ketahui untuk hasil dari tumbuhan hidroponik tentunya tidak akan berbeda jauh dengan tumbuhan yang ditanam di tanah. Selamat bercocok tanam hidroponik, selamat mencoba.