Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Nutrisi Hidroponik Secara Alami

Cara Mudah Membuat Nutrisi Hidroponik Secara Alami

Hidup di lingkungan perkotaan bukan persoalan bagi Anda yang bahagia bercocok tanam. Pada umumnya, bercocok tanam menjadi salah satu hobi bagi seseorang yang sekaligus sanggup menguntungkan. Anda sanggup memanen tumbuhan untuk dikonsumsi sendiri bahkan sanggup menjualnya bila jumlah tumbuhan yang dibudidayakan banyak. Hidroponik merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menyalurkan hobi bercocok tanam Anda yang hidup di lingkungan perkotaan. Anda sanggup mempelajari cara menciptakan nutrisi hidroponik secara alami untuk tumbuhan hidroponik di rumah.

Hidup di lingkungan perkotaan bukan persoalan bagi Anda yang bahagia bercocok tanam Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Secara Alami dan Mudah
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Ada aneka macam tumbuhan yang sanggup ditanam dengan teknik hidroponik. Anda sanggup menentukan tumbuhan berupa sayur-sayuran, buah-buahan, bahkan tumbuhan hias. Masing-masing tumbuhan mempunyai tahap penanaman hidroponik yang berbeda-beda. Anda yang masih pemula sanggup mencoba menentukan tumbuhan yang gampang dikembangbiakkan terlebih dahulu. Jika sudah mahir, Anda sanggup mencoba tumbuhan lainnya untuk dikembangbiakkan pula secara hidroponik. 
Nutrisi hidroponik yaitu salah satu hal yang paling penting dalam teknik penanaman hidroponik. Anda sanggup membeli atau membuatnya sendiri lho.

Inilah Teknik Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Agar tanaman hidroponik Anda sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda harus melaksanakan perawatan yang tepat. Perawatan yang dimaksud di sini bukan hanya teknik dalam menumbuhkan tumbuhan saja, Anda harus rajin mengganti air nutrisi yang dipakai bila sudah dirasa anyir maupun kurang. 
Karena tumbuhan hidroponik tumbuh di air, maka unsur hara yang terdapat dalam nutrisi hidroponik memang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Beginilah cara menciptakan nutrisi tumbuhan hidroponik sendiri supaya lebih hemat.
  • Cara menciptakan nutrisi hidroponik secara alami yang pertama yaitu dengan mempersiapkan materi dan alat menyerupai 10 gram pupuk NPK, 10 gram pupuk KCL, 5 gram pupuk gandasil D, 10 liter air, 3 buah gelas plastik bekas, timbangan, pengaduk, 1 baskom dengan kapasitas 10 liter.
  • Langkah kedua yaitu dengan mengisi ketiga gelas plastik yang telah disediakan dengan 100 ml air.
  • Larutkan ketiga jenis pupuk yang telah disediakan ke dalam masing-masing gelas plastik dengan tepat sampai tidak ada yang mengendap.
  • Berikutnya, campurkanlah ketiga pupuk yang telah dilarutkan tadi ke dalam ember.
  • Langkah terakhir yaitu dengan menambahkan air ke dalam baskom sampai mencapai 10 litter air.
  • Selesai.
Bagaimana, sangat gampang dan mudah kan? Nutrisi hidroponik buatan sendiri sangat cocok bagi tumbuhan hidroponik sayuran menyerupai kangkung maupun sawi. Nutrisi hidroponik sendiri sangat baik untuk membantu pertumbuhan tunas lho. 
Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Nah, itulah cara menciptakan nutrisi hidroponik secara alami yang gampang dan praktis. Anda juga sanggup menambahkan materi berupa pupuk urea ke dalam larutan untuk tahap pembuahan menjadi lebih sempurna. Sekian warta mengenai teknik pembuatan larutan nutrisi hidroponik alami buatan sendiri dan agar bermanfaat.