Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Komedo

sel kulit mati & sekresi kelenjar minyak yg berlebihan pada kulit Cara Menghilangkan Komedo
Apa itu komedo? Menurut Wikipedia, komedo yakni pori-pori yg tersumbat oleh sel-sel kulit mati & sekresi kelenjar minyak yg berlebihan pada kulit. Komedo ada dua jenis, komedo yg terbuka disebut Belackhead, se&gkan yg tertutup disebut Whitehead.

Sebenarnya, ada banyak cara yg sanggup dilakukan untuk mengatasi komedo. Yang pertama dengan scrubbing, laser, memakai krim malam atau dengan peeling. Namun, bagi yg belum terkena duduk kasus komedo, sebaiknya melaksanakan langkah pencegahan.

Cara Mencegah Komedo


Berikut ini beberapa cara perawatan wajah untuk mencegah komedo muncul di kulit wajah Anda:

Minum air putih
Malas minum air putih ternyata sanggup menyebabkan si komedo enggan diusir. Padahal, air putih akan membantu produksi keringat yg akan membantu mendorong keluar si komedo tersebut.

Konsumsi buah & sayuran
Nutrisi yg didapatkan dari buah-buahan & sayuran sanggup memperlihatkan perawatan yg maksimal bagi kulit. Vitamin E, A, & C akan membantu proses regenerasi & pemenuhan nutrisi, sehingga kulit kembali menjadi segar & indah.

Rajin membersihkan sisa makeup
Jangan keburu tidur sekalipun Anda mengantuk sehabis berkegiatan sepanjang hari. Sempatkan untuk membersihkan sisa makeup & mencuci wajah dengan sabun sebelum tidur. Biarkan kulit Anda beristirahat & bernafas lega sehabis seharian harus diha&g oleh makeup.

Masker wajah 
Perasan sari jeruk nipis akan membantu membuka pori-pori serta membersihkan sisa kotoran yg ada di dalam pori-pori. Setidaknya seminggu sekali, gunakan masker ini sehingga komedo ogah tinggal lama-lama.

Tea tree oil
Ampuh mengatasi jerawat, tea tree oil sanggup mencegah munculnya nanah baru. Oleskan di tempat T, pipi & dagu, sehingga tempat tersebut tidak menjadi sarang yg gres bagi komedo & jerawat.

Air teh
Dua kali seminggu, cuci wajah dengan air teh yg mengandung antioksi& tinggi. Selain itu, teh juga akan menciptakan kulit lebih segar & lembut.

Cara Menghilangkan Komedo


Bila kulit wajah Anda terlanjur diserang komedo, tidak perlu khawatir. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menghilangkan komedo di wajah anda:

Gunakan alat yg higienis
Komedo tak sanggup hilang begitu saja. Ia harus dikeluarkan dari pori-pori sehingga tidak menyumbat & menyebabkan munculnya jerawat. Namun memencet sembarangan juga sanggup menyebabkan resiko yg besar bagi kulit manis Anda. Untuk itu, Anda harus memakai alat-alat uang cukup steril.

Saat ini, ada alat khusus yg dipakai untuk mengeluarkan komedo. Sebelum digunakan, sterilkan dengan memakai alkohol.

Jeruk Nipis
Panaskan 5-6 gelas air & tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis. Letakkan di meja kemudian tutup kepala dengan handuk, biarkan wajah terkena uapnya. Steaming selama kurang lebih 10 menit.

Gosok komedo yg terdapat pada wajah Anda dengan handuk. Jangan menggosok terlalu keras. Basuh wajah dengan air cuek yg berkhasiat untuk menutup pori-pori wajah yg sebelumnya terbuka.

Garam 
Gunakan sedikit garam yg dicampur dengan bab sabun yg basah. Gosok perlahan pada bab yg terdapat komedo selama 3 menit kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi terapi ini selama seminggu.

Kunyit & Ketumbar
Gunakan gabungan dari 1 sdt bubuk ketumbar & 1/2 sdt bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air kemudian oleskan pada bab yg terdapat komedo pada ketika akan tidur malam. Basuh wajah pada keesokan paginya & ulangi terapi ini selama 1 minggu.

Kayu Manis & Jeruk Nipis
Campur 1 sdt air jeruk nipis dengan 1 sdt bubuk kayu manis & sedikit air. Oleskan pada malam hari & cuci pada keesokan paginya.