Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Lada / Merica Omset Ratusan Juta

Lada atau merica merupakan salah satu tumbuhan rempah yang di miliki Indonesia meskipun asa Budidaya Lada / Merica Omset Ratusan Juta

Budidaya Lada / Merica Omset Ratusan Juta |  Lada atau merica merupakan salah satu tumbuhan rempah yang di miliki Indonesia meskipun asal tumbuhan tersebut berasal dari India.

Tanaman lada yakni salah satu tanamn yang berkhasiat dan harga yang mahal maka dari itu Belanda menjajah Indonesia salah satunya alasannya yakni tumbuhan rempah yang satu ini.

Untuk pembudidayaan lada sendiri tergolong susah susah praktis alasannya yakni di perlukkan ketelatenan dan waktu yang tidak sebentar, namun bila penanggannya benar tumbuhan lada akan menghasilkan pundi pundi uang yang menggiurkan alasannya yakni lada merupakan komoditi exspor dengan kualitas baik.

Ingin tau lebih lanjut perihal budidaya lada, mari simak klarifikasi di bawah ini.

Budidaya Lada / Merica Omset Ratusan Juta 


Syarat Tumbuh

  1. Tanah yang baik untuk tumbuhan lada yaitu tanah utisol,latosol, dan podsolik dengan pH 6-7, serta berada pada ketinggian antara 500-1500 dpl.
  2. Curah hujan yang ideal untuk tumbuhan lada yaitu antara 2000-3000 mm/th dan mempunyai suhu 20-30 derajat celcius.

Proses Penyediaan bibit

Pilih bibit yang sehat dan pertumbuhanya baik, usahakan anda menentukan sendiri dari kebun atau membelinya di penjual bibit terpercaya.

Untuk satu hektar lahan bibit yang di perlukan yakni sekitar 2500 batang.

Pengolahan Tanah

  1. Bersihan lahan dari rumput liar dan pepohonan yang menghalangi sinar matahari masuk.
  2. Gemburkan tanah memakai cangkul atau bajak biar pertumbuhan akar sanggup maksimal.
  3. Tambahkan kapur dolomit jikalau pH tanah di bawah 6 sebanyak 1 ton/ hektar.
  4. Buatkan lubang dengan jarak 2.5x3 meter dengan kedalaman 50cm untuk tiang panjat.
  5. Buat kan juga lubang tanam untuk lada dengan lebar 50 cm dalam 40 cm dan tambahkan pupuk sangkar yang sudah matang sebanyak 3-5 kg kemudian diamkan selama 1 minggu.

Proses Penanaman

Proses menanam lada yang baik yaitu di lakukan pada awal ekspresi dominan penghujan antara bulan september-oktober.

Tanam bibit dengan cara melepaskan bibit dari media tumbuh sebelumnya dan masukkan ke dalam lubang yang sudah di buat seminggu yang kemudian kemudia timbun dengan tanah hasil galian.

Pasang tiang panjat berupa kayu hidup atau kayu mati yang tahan menyerupai kayu ulin, kayu besi dan lainya dengan panjang tiang 5-7 m.

Perawatan Tanaman

Perawatan tumbuhan dilakukan dengan cara penyiangan gulma atau rumput di sekitar tumbuhan yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

Berikan komplemen pupuk di awal dan final ekspresi dominan penghujan berupa kompos atau pupuk sangkar yang sudah matang.

Ikat lada yang menjalar ke tiang panjat yang sudah disediakan, dan jangan lupa untuk penyulaman tumbuhan yang mati.

Lada atau merica merupakan salah satu tumbuhan rempah yang di miliki Indonesia meskipun asa Budidaya Lada / Merica Omset Ratusan Juta
Contoh Perawatan lada yang baik



Pemanenan

Pemanenan lada sanggup dilakukan sesudah berumur 3-5 tahun sesudah tanam tergantung jenis bibit yang di gunakan.

Tanaman lada sanggup di panen setiap tahun 1 kali selama 8-15 tahun tergantung jenis bibit dan kondisi lahan.

Bila dengan penanganan yang baik dan benar budidaya lada akan menghasilkan 2-4 ton/ hektar dengan harga 100-130 ribu per kilo maka hasil yang di peroleh cukup menjanjikan.
Demikian klarifikasi perihal Budidaya Lada / Merica Omset Ratusan Juta semoga sanggup bermanfaat dan menambah ilmu untu anda.