Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Kelapa Biar Cepat Berbuah

 yaitu tumbuhan yang mempunyai batang tunggal Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah

Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah |  Tumbuhan kelapa (cocos nucifera) yaitu tumbuhan yang mempunyai batang tunggal, berakar serabut dan mempunyai buah yang bergrombol setiap batang terdiri atas beberapa grombol. 

Kelapa merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia, tidak hanya buahnya yang di konsumsi tapi batang, daun sampai akarnya pun berkhasiat bagi manusia.

Tanaman kelapa sendiri mempunyai beberapa jenis, salah satunya Agar Berbuah Cepat yaitu kelapa hibrida, kelapa ini merupakkan persilangan antara kelapa lokal dengan kelapa genjah.

Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah

Pemilihan Dan Pembuatan Bibit Kelapa

  • Pilihlah buah kelapa yang sudah bau tanah yang berwara coklat kehitaman dari induk yang sudah bau tanah pula di atas 10 th dan mempunyai produksi buah yang tinggi.
  • Sayat kulit kelapa memakai golok di bab ujung tangkai kelapa untuk mempercepat proses tumbuhnya tunas.
  • Sirami bibit dan berikan naungan atau di kawasan yang teduh. Setelah 5-8 bulan bibit siap di tanam di lahan.
 yaitu tumbuhan yang mempunyai batang tunggal Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah
Contoh Bibit Siap Tanam

Pengolahan Tanah

  • Bersihkan lahan dari rumput liar yang akan mengganggu pertumbuhan kelapa.
  • Buat lubang dengan jarak antar lubang 5 x 6 atau 6 x 6 m dan ukuran lubang 50 x 50 x40 cm.
  • Setelah proses pembuatan lubang selesai berikan pupuk sangkar yang sudah matang kedalam lubang sebanyak 10 kg/lubang. Diamkan 1 ahad biar terjadi penguapan gas dari dalam tanah.

Penanaman Kelapa

Proses penanaman kelapa di lakukan dengan cara memasukkan bibit kelapa yang sudah remaja ke dalam lubang yang sudah di buat.

Timbun bab akar memakai tanah hasil pembuatan lubang, dan padatkan.

Perawatan Kelapa

Perawatan kelapa yaitu dengan cara membersihkan sekitar tumbuhan kelapa dari rumput liar yang menggangu pertumbuhan kelapa.

Kemudian berikan pupuk susulan setiap awal dan final animo penghujan dengan memakai pupuk sangkar 5-10 kg/tanaman dan pupuk Urea, Tsp dan Kcl masing masing 300 gram/tanaman.
Dosis pemupukan bertambah sesuai umur tanaman.

Hama yang menyerang tumbuhan kelapa biasanya berupa kumbang yang menyerang pangkal daun muda, oleng oleng dan cendawan Phytophthora yang menyerang akar sanggup kita atasi memakai pestisida dan fungisida 

Pemanenan Buah Kelapa

Pemanenan buah kelapa sanggup dilakuan sesudah umur 3-4 tahun untuk jenis bibit unggul dan 5-7 tahun untuk lokal.

Cara memanen buah kelapa yaitu dengan cara melepaskan buah kelapa dari tangkainya sanggup memakai bendo atau sejenisnya.

Buah kelapa sanggup di panen setiap sebulan sekali, sehingga jika kita membudidayakan kelapa sama saja dengan kita kerja di kantoran alasannya yaitu gajianya sama sama setiap bulan.

Demikian klarifikasi tentang Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan anda di bidang pertanian.