Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menentukan Komoditas / Tanaman Untuk Hidroponik

Jika Anda hendak memulai mencoba metode berkebun ala hidroponik di pekarangan rumah Anda, tentunya Anda harus mempelajari seluk-beluk metode hidroponik. Pertama Anda harus mempelajari instalasi hidroponik, prinsip kerjanya dan bagaimana perawatan semoga instalasinya baka dan optimal. Kemudian pikirkan juga bagaimana Tips Menentukan Komoditas / Tanaman Untuk Hidroponik dan teknik perawatannya. Karena tidak semua tumbuhan cocok untuk ditanam dengan metode hidroponik. Walaupun pada prinsipnya hampir semua jenis tumbuhan bisa tumbuh dengan metode ini. 

Tips Menentukan Komoditas / Tanaman Untuk Hidroponik


Tips Menentukan Komoditas / Tanaman Untuk Hidroponik

Untuk permulaan dalam memakai metode hidroponik, Anda bisa mencoba menanam sayuran yang cocok untuk hidroponik serta gampang dalam perawatannya. Tanaman sayur menyerupai daun bawang, seledri, sawi, caisim, kangkung, bayam dan sejenisnya bisa menjadi tumbuhan untuk latihan awal Anda. Jenis-jenis sayuran tersebut gampang tumbuh, serta berumur pendek, dan tahan atau bahkan suka air walaupun bukan tumbuhan air. Dengan demikian Anda akan sanggup memanen kesannya dalam jangka waktu yang relatif cepat. 

Tanaman yang cocok untuk hidroponik tersebut juga bernilai ekonomis. Artinya, kalau Anda ingin menjualnya Anda bisa mendapat keuntungan. Walaupun demikian, kalau Anda ingin mengkonsumsi tumbuhan hidroponik juga sehat alasannya kita merawatnya sendiri. Sehingga Anda bisa menghindari penggunaan obat-obatan kimia dan pestisida. Tentunya kebun hidroponik Anda sanggup menghemat pengeluaran untuk berbelanja sayuran. Artinya, pos untuk belanja bisa Anda tabung atau alihkan pada kebutuhan lainnya. 

Selain sayuran, Anda juga bisa menentukan buah buahan yang cocok untuk hidroponik. Contoh buah buahan yang cocok dengan metode ini diantaranya tomat, tomat chery, melon, anggur, stroberi dan sejenisnya. Syarat buah buahan yang cocok dengan metode tanam hidroponik diantaranya pilih yang batangnya tidak berkayu. Selain itu, alasannya media hidroponik yang terbatas, tidak disarankan menanam tumbuhan yang berukuran besar alasannya akan memakan daerah dan menciptakan tumbuhan menjadi tidak sehat.

Tanaman yang cocok harus diadaptasi dengan media tanam yang ada. Bila kita memakai media tanam PVC yang berupa pipa, maka disarankan tidak menanam tumbuhan yang besar dan tinggi. Tanaman yang pas untuk metode pertanian ini yaitu tumbuhan hortikultura yang berumur panen 20 sampai 30 hari. Namun demikian kalau sistem hidroponik yang kita miliki telah berkembang, kita bisa menanam tumbuhan yang merambat menyerupai labu siam dan tumbuhan lainnya.

Tanaman yang cocok untuk hidroponik sesungguhnya tidak hanya dibatasi oleh jenis tumbuhan tertentu saja. Namun alasannya sementara ini metode ini dipadukan dengan cara tanam lahan sempit maka sering kali memakai tumbuhan yang berukuran kecil. Bila kita bisa menciptakan sebuah sistem yang lebih besar, maka kita bisa menanam tumbuhan yang lebih besar lagi. Namun demikian, sistem yang besar akan cenderung menghabiskan lahan dan menimbulkan biaya jadi lebih tinggi.

Demikian artikel Tips Menentukan Komoditas / Tanaman Untuk Hidroponik semoga bermanfaat