Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Dengan Materi Alami

Nutrisi hidroponik merupakan cairan wajib yang harus diberikan pada tanaman yang ditanam secara hidroponik. Cairan nutrisi ini banyak dijual diberbagai toko pertanian dengan harga yang cukup terjangkau. Namun bagi Anda yang ingin lebih ekonomis sanggup menciptakan cairan ini sendiri dengan memakai bahan-bahan alami. Cara buat nutrisi hidroponik sederhana dengan memakai materi alami ini sanggup menghemat biaya produksi tanaman Anda. Selain itu, dengan menciptakan nutrisi sendiri maka Anda sanggup memilih dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda.

Nutrisi hidroponik merupakan cairan wajib yang harus diberikan pada tanaman yang ditanam s Resep Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Dengan Bahan Alami
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Dari Nasi Basi

Membuat nutrisi hidroponik manual dengan memakai materi alami sanggup memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak digunakan lagi. Salah satu materi yang sanggup digunakan untuk menciptakan cairan hidroponik yaitu nasi basi. 
Pembuatan cairan hidroponik dengan memakai nasi bau ini cukup sederhana dengan alat dan materi yang gampang didapatkan. Nah, bagi Anda yang ingin menciptakan cairan hidroponik sendiri dengan memakai nasi bau harus menyiapkan materi dan alat berikut ini:
  1. Baskom
  2. Ember
  3. Botol bekas air minum
  4. Kayu pengaduk
  5. Nasi bau 4 genggam
  6. Air sumur secukupnya
  7. Gula pasir ½ kg
Jika semua materi dan alat sudah siap, ikuti langkah-langkah cara buat nutrisi hidroponik sederhana dengan memakai nasi bau berikut ini:
  • Langkah pertama cara menciptakan nutrisi hidroponik murah yaitu menyimpan nasi dalam bejana hingga tumbuh jamur. Nasi bau yang akan digunakan untuk menciptakan nutrisi hidroponik ini, sebaiknya disimpan dalam bejana lalu tutup dengan memakai daun kering ataupun kertas. Lama penyimpanan nasi ini sanggup hingga 5 hari atau hingga tumbuh jamur.
  • Selanjutnya kalau nasi bau sudah berjamur, maka yang harus Anda lakukan yaitu merebus air dengan gula pasir hingga gula larut dan mencair dengan sendirinya. Lalu diamkan cairan gula ini hingga benar-benar hirau taacuh dengan sendirinya.
  • Setelah itu masukkan nasi bau yang sudah menjamur tadi pada cairan gula pasir yang sudah hirau taacuh sambil terus diaduk. Anda sanggup mencampurkan kedua materi ini dalam ember besar dan mengaduknya dengan kayu yang sudah disiapkan. Pastikan semua materi tercampur dengan sempurna.
  • Kemudian pindahkan adonan air gula dan nasi bau tadi dalam botol yang tertutup. Biarkan botol ini didalam ruangan yang bebas dari cahaya matahari selama 7 hari.
  • Setelah 7 hari disimpan, maka akan terbentuk endapan pada bab botol, cairan diatas endapan inilah yang sanggup digunakan untuk cairan hidroponik.
Cukup gampang bukan, cara buat nutrisi hidroponik sederhana dengan memakai nasi bau ini? Pembuatan cairan hidroponik dengan memakai nasi bau ini lebih murah dibandingkan Anda harus membeli cairan hidroponik yang sudah jadi. Selain itu, Anda juga sanggup memanfaatkan nasi bau yang sudah tidak sanggup dimakan lagi untuk didaur ulang menjadi lebih berguna.