Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Petai Untuk Kesehatan



Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bab barat. Bijinya, yg disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus. Pohon petai menahun, tinggi sanggup mencapai 20m & kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di bersahabat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol sanggup ditemukan hingga belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yg berwarna hijau ketika muda & terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering bila masak & melepaskan biji-bijinya. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Petai)

Kecil, berwarna hijau & amis merupakan ciri khas dari petai. Bagi masyarakat Indonesia, petai merupakan salah satu hidangan favorite bila digabungkan dengan lalapan yg lain & sambal yg pedas. 

Berikut beberapa khasiat atau khasiat yg diperoleh bila mengkonsumsi Petai :

1. Dapat Membuat Pintar :
Kandungan potassium yg tinggi pada petai ternyata sanggup membantu otak kita bekerja lebih baik. Sebuah penelitian di Twickenham menyebutkan bahwa mereka yg mengonsumsi petai sebelum ujian sanggup mengerjakan soal ujian lebih baik dibandingkan mereka yg tidak mengonsumsinya. Konsentrasi yg mereka peroleh merupakan efek dari konsumsi petai pada ketika sebelum ujian.

2. Dapat mengobati Anemia
Bagi seseorang yg menderita penyakit Anemia memang membutuhkan perhiasan zat besi sebagai energy mereka. Kandungan zat besi pada petaiternyata bisa merangsang pembentukan sel darah merah dalam badan mereka. Konsumsi petai merupakan perawatan alami yg baik bagi anda yg mempunyai penyakit Anemia.

3. Membantu menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Di dalam petai terdapat kandungan lasium & potassium yg sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi anda penderita hipertensi sanggup mencoba mengonsumsi petai sebagai bentuk pengobatan alami.

4. Membantu Premenstrual Syndrome (PMS)
Kondisi ketika seorang perempuan menjelang menstruasi memanglah sangat sensitive. Sering diantara kita tidak sanggup mengontrol emosi kita. Kandungan vitamin B6 yg berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam petai bisa membantu kita untuk mendapat mood yg tetap baik.

5. Membantu menghilangkan Depresi
petai mengandung suatu asam amino esensial yg berjulukan tryptophan yg ternyata sanggup membantu meningkatkan hormone serotonin seseorang. Hormone ini mempunyai tugas untuk mengontrol suasana hati seseorang biar selalu baik.

6. Membantu Mencegah Kegemukan
Dengan mengonsumsi petai,, seseorang akan merasa kenyg lebih lama. Jika seseorang sudah merasa kenyg maka tindakan menyerupai ngemil atau bahkan makan lagi sanggup terhindar dengan baik.

7. Membantu menjaga Pencernaan biar tetap Sehat
Kandungan serat dalam petai sanggup berguna untuk melancarkan system pencernaan kita. usus akan menjadi lebih sehat & terhindar dari penyakit sembelit pastinya.

8. Mengobati penyakit Diabetes
Bagi anda yg menderita penyakit diabetes, ada warta gres mengenai petai yg ternyata sanggup membantu anda untuk mengontrol kadar gula darah anda biar tetap normal.

9. Membantu mengobati Stroke
Meskipun aromanya sangat menyengat, petai ternyata sanggup membantu anda terhindar dari penyakit stroke. Dengan kondisi tekanan darah yg terkontrol maka kemungkinan anda terjangkit stroke pun akan menjadi lebih rendah bukan?

Sekian warta beberapa khasiat petai untuk kesehatan. Kaprikornus meski ka&g baunya bikin muntah bagi yg tidak terbiasa, namun dibalik itu semua menyimpan khasiat yg luar biasa. Semoga ini berguna bagi kita semua