Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan




Mengkudu atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal tempat Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk flora ini yaitu noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) & ach (Hindi). Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yg masih muda berwarna hijau mengkilap & mempunyai totol-totol, & dikala sudah bau tanah berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Secara tradisional, masyarakat Aceh memakai buah mengkudu sebagai sayur & rujak. Daunnya juga dipakai sebagai salah satu materi nicah peugaga yg sering muncul sebagai sajian wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di bersahabat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering dipakai sebagai materi obat-obatan. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu)

Dibalik baunya yg tidak sedap, Mengkudu menyimpan bermacam-macam khasiat yg bisa menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit menyerupai sakit kuning, influenza, demam, hipertensi, sakit perut, batuk, & menghilangkan sisik pada kaki. Ada beberapa khasiat mengkudu yg bisa anda buat untuk beberapa penyakit sebagai berikut.

Membantu Mengobati Sakit Kuning
Siapkan 2 buah mengkudu yg sudah masak & 1 potong gula batu. Caranya buah mengkudu diperas kemudian ambil airnya, kemudian campurkan dengan madu aduk hingga merata & saring. Minum & diulangi dua kali sehari.

Membantu Mengobati Demam (Masuk Angin & Influenza)
Rebus satu buah mengkudu & satu rimpang kencur dengan dua gelas air, masak hingga mendidih & menyisakan 1 gelas saja, kemudian saring. Minum dua kali sehari pagi & sore.

Membantu Mengobati Hipertensi
Ambil 2 buah mengkudu kemudian diperas untuk diambil airnya. Kemudian campurkan dengan madu hingga merata & saring. Minumlah dua kali sehari.

Membantu Mengobati Sakit Perut
Ambil 2-3 lembar daun mengkudu kemudian daun ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam & diseduh dengan air panas. Setelah dingin, saring & siap untuk diminum.

Membantu Mengobati Batuk
Satu buah mengkudu & 1/2 genggam daun poo (bujanggut). Kedua materi tersebut direbus dengan gelas air hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas. Kemudian disaring, di minum pagi & sore.

Membantu Menghilangkan Sisik pada Kaki
Buah mengkudu yg sudah masak digosokkan pada bab kaki yg bersisik tersebut hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain higienis yg sudah dibasahi dengan air hangat.

Sekian isu wacana Manfaat Mengkudu untuk kesehatan. Semoga mempunyai kegunaan bagi kita semua.