Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat & Khasiat Bunga Chamomile



Chamomile atau nama umumnya kamomil, atau chamomile, adalah tanaman yg mempunyai nama ilmiah Matricaria kamomil L., Anthemis nobilis atau Chamaemelum nobile (L.), dari keluarga tanaman Compositae (Asteraceae), telah usang diyakini berguna untuk mengatasi gangguan dilema tidur, insomnia, pencernaan, kecemasan, & lain-lain. Kamomil berasal dari Tanaman yg ditemukan di Eropa, Afrika Utara, & Asia utara. Chamomile berasal dari kata Yunani yg berarti Chamos& milos, yg berarti berarti apel, alasannya mempunyai aroma yg seolah-olah dengan aroma dari buah apel. Tanaman ini tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 30 cm dari permukaan tanah, dengan batang yg berkerut & bercabang, daun berwarna hijau pucat. Bunganya seolah-olah dengan bunga aster dengan kuntum berwarna putih dengan inti berwarna kuning. Batang & bunga inilah yg umumnya dikhasiatkan untuk menciptakan teh kamomil, ekstrak kamomil, & kapsul kamomil, yg diyakini mempunyai banyak khasiat herbal. 



Chamomile sudah dipakai semenjak zaman kuno untuk pengobatan & perawatan kesehatan. Hal ini paling sering dipakai untuk mengobati gangguan tidur, dilema pencernaan, pereda rasa sakit, & masih banyak lainnya. Berikut beberapa klarifikasi mengenai khasiat dari tanaman Chamomile






Mengatasi kecemasan & gangguan tidur

Teh herbal kamomil sudah semenjak usang dipakai sebagai obat penenang untuk mengatasi kecemasan & merangsang rasa kantuk. Studi klinis modern telah menjelaskan khasiat khasiat Chamomile bagi kesehatan, & hasil penelitian menawarkan bahwa orang yg mengonsumsi kapsul kamomil tanda-tanda kecemasan menurun, bila dibandingkan dengan mereka yg mengambil plasebo. Dalam sebuah penelitian yg dilakukan pada binatang tikus, takaran yg ekstrak kamomil telah diketahui menginduksi tidur.
Mengobati Alergi

Khasiat lain yg dikenal adalah sifat anti-alergi nya. Dalam sebuah studi klinis yg dilakukan pada binatang tikus yg mengalami gatal, menawarkan bahwa tikus yg diberi chamomile menawarkan penurunan tanda-tanda dibandingkan dengan tikus yg tidak diberi chamomile.
Mengobati Masalah Pencernaan

Secara tradisional tanaman ini sudah dipakai untuk mengobati dilema terkait pencernaan, termasuk sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, sakit perut, diare, & gas perut. Chamomile bekerja sebagai relaksan bagi otot perut termasuk usus halus. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan herbal lain.
Anti Mikroba

Ekstrak kamomil juga dipakai untuk materi salep, krim, & gel yg dipakai untuk mengobati iritasi kulit. Chamomile diyakini mempunyai sifat anti-mikroba & anti-bakteri, sehingga baik untuk mengobati luka, eksim, luka bakar, ruam , & wasir.
Anti Inflamasi

Dalam penelitian yg dilakukan pada 14 orang yg diberi teh chamomile, hasil tes sampel urine menawarkan a&ya peningkatan sekresi hippurate & glisin , yaitu yg dikenal sebagai zat anti inflamasi.

Khasiat kamomile lainnya :

  1. Dikonsumsi sebagai teh untuk membantu mengatasi sakit pinggang & rematik
  2. Uap kamomil yg dihirup untuk mengobati pilek & serangan asma.
  3. Teh chamomile dikonsumsi untuk meringankan morning sickness pada ibu hamil,
  4. Membantu mengatasi pencernaan bila dikonsumsi sehabis makan.
  5. Ekstrak chamomile yg dioleskan untuk membantu & mempercepat penyembuhan luka, luka bakar & luka kulit,
  6. Meredakan gatal & pera&gan, termasuk eksim, ruam kulit & kulit terbakar matahari
  7. Kompres hirau taacuh ekstrak chamomile untuk mengurangi pera&gan & iritasi pada mata.
  8. Teh atau ekstrak kamomil yg dicampurkan kedalam air hangat untuk mandi dapat mengurangi kegelisahan, relaksan, & menciptakan mengantuk bagi orang yg menderita insomnia.
  9. Teh Chamomile yg diminum untuk membantu pergerakan usus,
  10. Teh chamomile yg dipakai berkumur untuk mengobati luka lisan & gingivitis
  11. Minum teh chamomile diyakini dapat mengendurkan otot-otot polos dalam rahim, sehingga mengurangi rasa ketidaknyamanan yg berafiliasi dengan menstruasi.
Dosis & Penggunaan

Untuk menciptakan Teh kamomil
Tambahkan 2 sendok makan bunga chamomile kering kedalam 1cangkir air mendidih. Biarkan hirau taacuh kurang lebih selama 10 hingga 15 menit. Minum 3 atau 4 cangkir teh kamomil per hari di antara waktu makan.

Kapsul Kamomil
Diminum 3 hingga 4 kali dalam sehari, atau sesuai petunjuk.


Efek samping & peringatan

  • Kamomil kondusif bila dipakai dengan hukum yg benar, namun dapat mengakibatkan alergi bagi orang yg sensitif & telah diketahui alergi terhadap krisan atau tanaman lain dari keluarga Compositae.
  • Tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil & menyusui
  • Bersifat mengencerkan darah, sehingga dilarang diminum bila se&g memakai obat atau pelengkap yg mengencerkan darah
  • Bisa mengakibatkan perdarahan, dilarang dikonsumsi atau dipakai sebelum & sehabis operasi.
  • Tidak disarankan dogunakan oleh orang dengan gangguan perdarahan .\