Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan



Sejarah anggur tak luput dari perhatian manusia. Tercatat dalam sejarah bahwa semenjak 5000 tahun sebelum masehi, insan telah mekhasiatkan buah hitam cantik ini. Di Mesir kuno, pengolahan anggur sudah dikenal semenjak tahun 2500 SM. Buah yg tak kenal demam isu ini diduga berasal dari sekitar Armenia. Mereka mekhasiatkan anggur sebagai buah & minuman. Kata anggur sendiri sebetulnya merupakan serapan dari kata angur, bahasa India atau Persia.

Anggur Dalam Bingkai Pengobatan Islam

Allah SWT pernah menyinggung buah hitam lingkaran ini dalam beberapa ayat Al-Qur’an.
Dialah (Allah) yg telah menurunkan air hujan dari langit untuk kau sekalian, sebagaiannya menjadi minuman & sebagaiannya (menyuburkan) tumbuh-tanaman, yg pada (tempat tumbuhnya) kau sekalian mengembalakan hewan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kau sekalian dengan air hujan itu tanam-tanaman : zaitun, kurma, anggur & segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yg demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yg memikirkan. (An-Nahl [16]:10-11)

Buah anggur juga disinggung oleh Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Ath-Thibbun Nabawi. Dalam bukunya tersebut Ibnul Wayyim menerangkan khasiat buah anggur secara ringkas, “Anggur merupakan buah yg paling baik & paling banyak khasiatnya. Dapat dimakan dalam keadaan berair & kering, masih hijau maupun masak. Anggur adalah buah bagi buah-buahan yg lain, masakan pokok diantara masakan pokok yg lain, sebagai obat bila dibandingkan dengan obat-obatan, & minuman apabila digabungkan dengan aneka minuman lainnya.”

Disebutkan oleh Dawud Al-Anthoki, bahwa di antara khasiat buah anggur itu adalah membantu badan dalam mengikat unsure-unsur minyak & lemak, sehingga meningkatkan kekuatan badan dalam mengantisipasi melemahnya stamina badan & menambah ketahanan badan terhadap banyak sekali macam penyakit.

Anggur Dalam Medis Modern

1. Anggur menjaga jantung tetap sehat
Membiasakan diri makan anggur ternyata menciptakan jantung tetap sehat. Flavonoid dalam anggur sanggup mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) 20 kali lebih berpengaruh daripada vitamin E, yg selama ini dikenal sebagai antioksi& alami. Flavonoid merupakan senyawa fitokimia yg memperlihatkan warna ungu pada buah anggur. Flavonoid terbukti memiliki imbas biologis yg sangat berpengaruh sebagai antioksi&, menghambat penggumpalan keeping-keping sel darah, serta merangsang oksidasi nitrit yg sanggup melebarkan pembuluh darah. Dalam majalah The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan prosedur yg dilakukan oleh minuman anggur terutama minuman anggur merah sanggup memperlihatkan dampak positif bagi kesehatan jantung.

2. Antilelah & Antivirus
Kandungan gula alami dalam anggur sangat tinggi, terutama glukosa & fruktosa, maka tak heran kalau anggur berasa sangat manis. Gula alami berguna sebagai anti kelelahan & hipoglikemia. Selain itu, anggur juga diyakini sanggup membantu penyembuhan banyak sekali jenis kanker & sebagai obat antivirus. Menurut hasil penelitian dua orang mikrobiologis dari Kanada yg dipublikasikan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology memperlihatkan bahwa jus anggur sanggup mencegah & membantu penyembuhan beberapa penyakit jerawat virus, ibarat influenza, polio, & herpes simpleks tipe I. Hal itu lantaran konsentrasi tanin dalam buah anggur yg sangat potensial untuk membunuh & menonaktifkan virus penyebab penyakit.

3. Penumpas Kanker
Anggur terbukti sanggup membantu kaum wanita dalam mencegah sakit jawaban pengobatan kanker payudara. Para dokter di Institute of Cancer Research pertanda bahwa antioksi& yg terkandung dalam anggur sanggup melindungi badan dari radiasi fibrosis, yakni pengerasan jaringan di sekitar payudara jawaban radioterapi yg rasanya sangat menyakitkan. Kondisi ini dialami oleh ribuan wanita di seluruh dunia setiap tahunnya.

Penelitian Shiuan Chen, PhD, dari Beckman Research Institute of The City of Hope, Melaporkan bahwa jus anggur berhasil menekan pertanaman sel kanker dengan mencegah sintesis hormon estrogen yg berperan besar dalam perkembangan kanker payudara. Melalui tes laboratorium, jus anggur terbukti bisa menghentikan produksi hormon estrogen dalam sel. Penelitian terakhir memakai tikus yg dialami sel tumor memperlihatkan bahwa tikus yg diberi 0,5 ml jus anggur selama lima minggu, ukuran tumornya hanya sepertiga dari tikus yg tidak diberi jus anggur.

Menurut penelitian Agricultural Research Service, US Deparment of Agriculture, kandungan ptrestilbene pada buah anggur memperlihatkan daya hambat yg berpengaruh melawan kanker payudara dalam sel. Para ilmuwan Prancis juga menemukan bahwa pada anggur merah terdapat acutimissin A yg sanggup menghambat enzim yg membantu terbentuknya sel kanker.

4. Senjata ampuh menangkal stroke
Selain menghambat produksi ET 1, sebuah publikasi yg dikeluarkan oleh The North Eastern Ohio Universities College of Medicine melaporkan bahwa resveratrol pada anggur juga sangat berguna untuk menghambat angiotensin II. Angiotensin II sanggup menjadikan imbas negatif pada jantung lantaran menyekresi kolagen, sehingga sanggup mereduksi kemampuan jantung memompa darah.
Sebuah publikasi pada Journal of Agricultural of Food Chemistry April 2006, memperlihatkan bahwa resveratrol pada anggur sanggup meningkatkan anutan darah ke otak hingga 30 persen, sehingga sanggup mereduksi risiko penyakit stroke. Resveratrol juga berguna untuk mencegah penyakit kanker.

5. Tidur pun jadi pulas
Anggur sangat baik bagi mereka yg mengalami sulit tidur. Sebuah penelitian di Italia memperlihatkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yg dikenal bisa membantu mengatur jam biologis manusia. Hormon melatonin umumnya akan muncul di malam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tertidur pulas.

6. Mencegah kerusakan gigi
Keistimewaan anggur tidak berhenti hingga disini, kalau Anda menciptakan jus anggur niscaya akan berubah warna menjadi kehitaman lantaran senyawa tannin. Tannin daam anggur bisa mencegah kerusakan gigi. Selain itu tannin juga bisa menghancurkan hidrokarbon, senyawa penyebab kanker yg disebabkan asap rokok.