Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Cara Menyemai Bibit Selada Hidroponik Untuk Hasil Memuaskan

Dewasa ini mengingat keberadaan lahan yang semakin hari semakin menipis, tak jarang seseorang mulai meninggalkan hobi berkebunnya. Padahal sudah ada teknik bertanam tanpa tanah yang pastinya sangat memudahkan Anda yang mempunyai lahan sempit. Teknik ini dikenal dengan istilah hidroponik. Salah satu tumbuhan yang banyak dibiakkan dengan hidroponik yakni selada, kangkung, sawi, cabai dan tomat. Dalam artikel ini kami akan fokus membahas proses bertanam dari mulai cara menyemai bibit selada hidroponik hingga ke persiapan media tanamnya dan juga cara perawatan selada.

Dewasa ini mengingat keberadaan lahan yang semakin hari semakin menipis Kenali Cara Menyemai Bibit Selada Hidroponik untuk Hasil Memuaskan
Baca Juga : Analisa Usaha Hidroponik Lengkap Sayur Selada

Banyak masyarakat yang kini beralih ke tumbuhan hidroponik, selain alasannya yakni memerlukan lahan yang minimum, juga alasannya yakni perawatannya gampang dan kualitas hasil tanamannya baik serta bebas pestisida. Keunggulan tumbuhan hidroponik ini sangatlah logis alasannya yakni biasanya pestisida dipakai untuk membasmi hama yang terdapat di tanah. Berhubung teknik ini tidak memakai tanah, tentu hal ini sanggup dihindari. Bagi Anda yang tertarik bertanam selada secara hidroponik, alat dan materi yang Anda butuhkan yakni benih selada, rockwool atau sekam yang dibakar, plastik hitam dan wadah.

Langkah pertama dalam cara menyemai bibit selada hidroponik yakni dengan mengeliminasi bibit benih yang berkualitas buruk. Untuk melaksanakan seleksi ini, pertama Anda perlu merendam benih selada dengan air higienis yang dicampur dengan tiga siung bawah merah yang sudah dihaluskan. Rendam benih ini selama paling tidak empat jam. Kemudian sesudah lewat waktunya, buanglah benih yang mengapung. Benih yang mengapung membuktikan kualitas sayang tidak baik, jikalau dipaksakan untuk ditanam pun pertumbuhannya akan benar-benar lambat. Sambil menunggu, siapkanlah media tanamnya yang berupa rockwool.

Media tanam hidroponik bahwasanya memang bukan hanya rockwool, tapi sanggup juga sekam, arang, maupun cocopeat. Akan tetapi bagi pecinta tanaman, rockwool memang paling banyak dipakai alasannya yakni gampang digunakan. Apabila tertarik Anda sanggup membeli rockwool ini di toko bibit tumbuhan ataupun melaksanakan pemesanan lewat online alasannya yakni kini mendapat suatu produk bukanlah hal yang luar biasa sulitnya. Sebelum digunakan, rendam dulu rockwoolnya dalam air higienis selama sepuluh menit. Setelah itu letakkan rockwool Anda dalam wadah yang akan dipakai untuk menyemai bibit hidroponik.

Beberapa wadah yang dipakai dalam cara menyemai bibit selada hidroponik biasanya sanggup berupa plastik, polybag ataupun pribadi dijejerkan di tanah. Berikan jarak yang cukup saat menanam benih sehingga pertumbuhan benih pun menjadi maksimal. Diamkan benih tersebut dalam seminggu hingga benih tumbuh sebelum sanggup dipindahkan ke media tanam. Sebagai perawatan selama melaksanakan persemaian, jangan lupa untuk menyiram media rockwool dengan air. Akan tetapi jangan hingga tergenang. Anda sanggup memakai semprotan spray untuk menyiram tanaman. Semoga gosip ini bermanfaat bagi Anda semua.