Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Ia Cara Tanam Hidroponik Cabe

Bertanam cabai hidroponik ialah gaya gres dalam bercocok tanam yang sangat diminati masyarakat. Selama ini bertanam selalu identik dengan penggunaan lahan. Dewasa ini dengan semakin berkurangnya lahan kosong, acara bercocok tanam pun juga terhambat. Akan tetapi dengan adanya teknik hidroponik yang merupakan bertanam tanpa atau hanya dengan sedikit tanah, keterbatasan lahan ini sanggup diatasi. Banyak tumbuhan yang sanggup dengan gampang dibiakkan secara hidroponik, salah satunya ialah cabe. Untuk membantu Anda, berikut kami ulas artikel terkait dengan cara tanam hidroponik cabe

 ialah gaya gres dalam bercocok tanam yang sangat diminati masyarakat Ini Dia Cara Tanam Hidroponik Cabe
Baca Juga : Analisa Usaha Hidroponik Lengkap Sayur Selada

Bagi pemula, menanam cabai secara hidroponik ialah hal yang patut dicoba. Hal ini disebabkan lantaran prosesnya gampang dan cepat, modalnya murah dan alhasil berlimpah. Bahkan jikalau Anda ingin mencoba prospek bisnis dari tumbuhan hidroponik, hal ini masih memungkinkan lantaran banyak pihak yang tertarik untuk mengkonsumsi hasil tanam hidroponik yang dinilai lebih sehat. Alasannya ialah lantaran bertanam secara hidroponik tidak memakai pestisida sehingga perawatan produk yang dihasilkan lebih terjamin mutunya. Jika tertarik, berikut ialah langkah-langkah dalam menanam cabai hidroponik untuk dicoba.

Cara tanam hidroponik cabe yang pertama ialah dengan mengambil benihnya terlebih dahulu. Hal ini sanggup Anda lakukan dengan membeli bibit gres ataupun dengan memakai cabai yang ada di dapur Anda. Belah cabai sehingga sanggup mengeluarkan bijinya. Setelah itu, rendam biji cabai tersebut untuk mendapat bakal benih berkualitas baik. Caranya ialah dengan merendam biji cabai di dalam wadah plastik yang berisi air bersih. 

  • Diamkan semalaman. 
  • Keesokan harinya, buanglah biji-biji yang mengambang. Biji yang mengambang menunjukkan kondisi yang tidak sehat untuk digunakan.
  • Jika Anda sudah menentukan biji cabai berkualitas baik, langkah berikutnya ialah menyemai bibit cabai hidroponik biar siap ditumbuhkan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu menyiapkan media semai. Media semai ini sendiri sanggup dilakukan dengan cara berikut. Pertama ialah dengan memakai polybag. Sebelum digunakan, rendam polybag dalam air hangat selama empat jam dan kemudian tiriskan. Setelahnya beri lubang dibagian bawah polybag sebagai drainase. 
  • Setelahnya Anda sanggup memasukkan media semai yang terdiri atas kompos, sekam atau rockwool dan juga tanah dengan perbandingan 1:1:1.
Setelah itu, letakkan biji di media semai dengan jarak 3 cm setiap biji. Kemudian tutup dengan sedikit tanah. Diamkan biji cabai tersebut selama kurang lebih tujuh hari hingga ia benar-benar siap dipindahkan ke media tanam. Selama tujuh hari tersebut biar pertumbuhannya optimal, jangan lupa untuk membiasakan menyiram benih dengan memakai botol spray biar air tidak hingga menggenang. Demikian yang sanggup kami sampaikan terkait dengan cara tanam hidroponik cabe. Mudah-mudahan isu ini ada keuntungannya bagi Anda yang ingin mencoba bertanam hidroponik.