Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Nutrisi Ab Mix Hidroponik Dan Cara Penggunaan Yang Benar

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pertanian model hidroponik yaitu penggunaan nutrisi yang berkualitas. Untuk tumbuhan hidroponik, biasanya petani menawarkan jenis nutrisi A dan B yang dicampurkan dalam dosis tertentu sesuai kebutuhan. Campuran nutrisi lengkap ini lalu dikenal dengan nama nutrisi AB mix. Harga nutrisi AB mix hidroponik berbeda-beda tergantung mereknya. Anda mungkin akan melihat bahwa untuk setiap botolnya harga tersebut terkesan mahal. Hal ini alasannya yaitu nutrisi yang dijual memang dalam bentuk konsentrat. 

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pertanian model hidroponik yaitu penggunaa Harga Nutrisi AB Mix Hidroponik dan Cara Penggunaan Yang Benar
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Cara memakai nutrisi AB mix hidroponik memang tidak pribadi diberikan pada tanaman. Karena dalam bentuk konsentrat, maka harus diencerkan dahulu dengan air bersih. Biasanya perbandingannya yaitu 1:5:5 yaitu 1 liter air higienis dicampur dengan 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B. Air higienis yang dipakai sebaiknya bukan air PAM alasannya yaitu kandungan kaporitnya tidak baik bagi pertumbuhan tanaman. Makara Anda dapat mencampurkannya dengan air sumur, air hujan atau air dari sumber mata air lainnya. 

Karena harus diencerkan atau dikurangi kepekatannya dengan mencampurkan lagi dengan air, maka harga nutrisi AB mix hidroponik yang cukup mahal pun rasanya tidak masalah. Karena perkemasan 1 liter atau 1000 ml konsentrat nutrisi dapat dipakai untuk 200 liter air. Cukup irit bukan? Nutrisi AB mix baik yang cair maupun yang berupa debu konsentrat sama-sama harus diencerkan dengan air. Namun untuk lebih jelasnya bacalah petunjuk pemakaian, alasannya yaitu masing-masing merek mungkin mempunyai tingkat kepekatan konsentrat yang berbeda. 

Biasanya harga jual pupuk hidroponik AB mix satu paket berada dikisaran 80.000 hingga 100.000 rupiah untuk sekitar 1000 liter larutan. Sementara kebutuhan larutan nutrisi hidroponik setiap kebun berbeda-beda tergantung ukurannya. Untuk kebun atau instalasi hidroponik yang berukuran kecil hingga sedang 1000 liter larutan dapat dipakai hingga beberapa ahad atau hingga hitungan bulan. Makara Anda dapat masukan perhitungan rata-rata kebutuhan nutrisi kebun Anda semenjak awal untuk memperkirakan berapa banyak nutrisi yang harus Anda siapkan. 

Namun jikalau Anda ingin mencoba menciptakan nutrisi hidroponik sendiri, ada banyak cara. Nutrisi hidroponik dapat dibentuk dari pupuk yang sudah ada dipasaran. Namun diatur kembali komposisi atau perbandingan untuk campurannya. Misalnya, formula adonan antara NPK. KCL dan Gandasil yang dapat dipakai untuk menciptakan larutan 1000 liter mungkin hanya membutuhkan biaya sekitar 30.000 hingga 50.000 rupiah saja. Artinya, Anda dapat irit hingga 100 % bukan jikalau Anda menciptakan adonan nutrisi AB mix sendiri?

Tak mau ribet? Beli saja nutrisi hidroponik untuk kebun Anda yang tinggal pakai. Karena ada aneka macam merek dan harga nutrisi AB mix hidroponik di pasaran, maka hati-hatilah dalam memilih. Pilihlah merek yang terpercaya. Cek kemasannya, lihat apakah komposisi atau kandungannya benar. Termasuk perhatikan cara penggunaannya. Nutrisi AB mix juga tersedia beberapa jenis, maka gunakan sesuai kebutuhan Anda.