Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penggunaan Dan Fungsi Tds Meter Hidroponik

Penanaman dengan cara hidroponik memang gampang akan tetapi harus memperhatikan beberapa hal biar tumbuhan berhasil tumbuh dengan baik dan sanggup dipanen. Sebagian orang mungkin masih awam dengan alat yang berjulukan TDS meter, padahal pada teknik penanaman hidroponik akan sangat membutuhkan alat tersebut. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini, penulis akan merangkumkan sejumlah info mengenai fungsi tds meter hidroponik bagi Anda yang belum mengetahuinya.

Penanaman dengan cara hidroponik memang gampang akan tetapi harus memperhatikan beberapa hal Cara Penggunaan dan Fungsi TDS Meter Hidroponik
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

TDS atau sanggup dikenal sebagai Total Dissolve Solid merupakan alat yang sanggup memperlihatkan suatu info terkait dengan kelayakan sumber air yang biasanya digunakan sehari-hari. Alat ini memang cantik untuk mengetahui kualitas air yang diukur dengan satuan Part Per Milion atau PPM. Secara umum, TDS meter berkhasiat untuk mengukur partikel padat dan terlarut dalam air minum yang tidak terlihat secara pribadi oleh mata. 

Adapun fungsi TDS meter yakni untuk mengetahui kualitas cairan yang digunakan pada ketika pengairan, sanggup digunakan untuk pemeliharaan aquarium, air aki, koloid perak, proses kimia, air destilasi, air sadah, air limbah, air reverse dari osmosis, dan tentunya budidaya hidroponik. fungsi TDS meter hidroponik yaitu sebagai alat pengukur PPM yang ada di dalam larutan nutrisi hidroponik. Bila Anda menggunakan alat tersebut maka akan lebih gampang dalam memilih nutrisi yang cocok untuk tanaman.

Penggunaan TDS meter harus diperhatikan dengan benar walaupun caranya sangat mudah. Pertama, sediakan air nutrisi yang akan diuji dan tempatkanlah pada suatu gelas. Lalu celupkan TDS meter dalam air pada gelas tersebut. Setelah itu, baca angka yang sudah muncul pada layar, tunggu sampai stabil lantaran biasanya angka berubah-ubah. Nah, di alat tersebut akan ada beberapa fitur contohnya ibarat sangat akurat dan sempurna lantaran menggunakan mikroprosesor, mempunyai fungsi hold yang sanggup di pakai untuk menyimpan pengukuran, ada tombol auto-off membaca, serta merekam.

Namun penggunaan TDS meter juga harus diubahsuaikan dengan cairan lantaran tidak semua cairan sanggup diukur dengan alat ini. Cairan yang dimaksud yakni cairan yang mempunyai suhu sangat tinggi atau melebihi suhu kamar lantaran akan menghasilkan pengukuran yang kurang tepat. Bila digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah atau es juga akan memperlihatkan angka yang tidak tepat. Selain kedua cairan tersebut ternyata cairan air accu, spritus, air payau, air laut, dan alkohol juga tidak sanggup diukur dengan TDS meter.

Anda akan memperoleh banyak akomodasi ketika menggunakan alat TDS meter untuk meningkatkan hasil panen sayuran hidroponik. Hal ini dikarenakan flora akan memperoleh nutrisi yang sempurna lantaran fungsi TDS meter hidroponik sanggup mengukur tingkat kepekatan nutrisi. Apabila nutrisi terlalu berlebih, maka akan meracuni tanaman. Akan tetapi kalau terjadi kekurangan, maka tumbuhan juga tidak sanggup tumbuh dengan baik pula.