Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyemai Bibit Kangkung Hidroponik Gampang Dan Sederhana

Hidroponik adalah cara bertanam tanpa atau hanya sedikit memakai media tanah. Dalam hal ini, berbeda dengan cara konvensional dimana Anda perlu mempunyai lahan yang cukup banyak semoga sanggup memenuhi hobi berkebun Anda, dengan hidroponik. Salah satu tumbuhan yang banyak dibiakkan secara hidroponik yaitu kangkung. Untuk membantu Anda yang ingin bertanam kangkung secara hidroponik, berikut kami sajikan langkah-langkah bertanam mulai dari cara menyemai bibit kangkung hidroponik yang gampang dilakukan di rumah.

 cara bertanam tanpa atau hanya sedikit memakai media tanah Cara Menyemai Bibit Kangkung Hidroponik Praktis dan Sederhana
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Pilihlah Bibit Kangkung yang Berkualitas Baik.

Untuk sanggup mendapat hasil kangkung hidroponik yang baik dan memuaskan, tentu proses pemilihannya bibit dihentikan sembarangan. Ada dua jenis bibit yang paling banyak digemari para penikmat kangkung, yakni bibit kangkung unggul dan bibit kangkung idaman. Jenis bibit ini sanggup diperoleh dengan membeli di toko tanaman. Bibit kangkung idaman sendiri mempunyai kelebihan dalam hal pemanenannya yang gampang serta waktu tumbuh yang berbarengan.
  • Siapkan Wadah Semai
Setelah memastikan bibit unggul, berikutnya kita perlu memastikan cara menyemai bibit kangkung hidroponik yang dilakukan sudah benar. Sebelumnya, siapkan wadah yang Anda gunakan, biasanya berupa botol plastik bekas, paralon, wadah maupun polybag. Pilihlah wadah manapun yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda di rumah. Pastikan wadah tersebut dalam keadaan bersih. Jika memakai polybag, rendam dulu dengan air hangat selama tiga jam sebelum digunakan. Jika sudah, tuangkan air higienis ke dalam wadah.
  • Eliminasi Benih yang Rusak
Tuangkan benih ke dalam wadah yang sudah berisi air kemudian diamkan seharian. Setelah itu, Anda akan menemukan beberapa benih yang mengapung sementara benih lainnya tenggelam. Jika sudah demikian, lakukan langkah eliminasi dengan membuang benih yang mengapung. Benih yang mengapung digolongkan sebagai benih yang rusak alasannya yaitu berarti kondisinya tidak baik dan mempunyai pertumbuhan yang lambat.
  • Lakukan penyemaian benih
Setelah melalui proses eliminasi, cara menyemai bibit kangkung hidroponik yang baik dan benar berikutnya yaitu sebagai berikut. Pertama, siapkan bungkus benih berupa kain yang sanggup dipakai untuk menahan air. Siram benih yang terbungkus kain tadi dengan air hangat semoga benih tetap lembab tapi tidak tergenangi air. Setelahnya, siapkan wadah hidroponik dan masukkan nutrisi hidroponik ke dalamnya.
  • Membuat Nutrisi Hidroponik
Agar tumbuhan kangkung yang Anda kembangkan secara hidroponik sanggup tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk memperlihatkan nutrisi yang tepat. Salah satu yang populer yaitu larutan AB Mix. Pupuk ini terdiri atas dua jenis larutan yakni A dan B. Apabila Anda membelinya di pasaran, nutrisi ini dijual dengan harga sekitaran Rp 80.000,00 untuk ukuran 1000 L. Gunakan nutrisi ini hanya 5 ml untuk masing-masing larutan dan kemudian campurkan dengan air 1 liter.

Demikianlah beberapa info terkait dengan cara menyemai bibit kangkung hidroponik yang sanggup kami ulas dan sampaikan untuk Anda. Mudah-mudahan info ini ada keuntungannya bagi Anda yang sedang berencana menanam kangkung tanpa media tanah.