Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyemai Bibit Cabai Hidroponik Di Rumah

Menanam cabai hidroponik ialah salah satu alternatif yang sanggup Anda lakukan di rumah jikalau Anda sedang tertarik untuk mencoba bertanam tapi terhalang dengan lahan yang sempit. Dengan sistem hidroponik yang mempunyai konsep bertanam tanpa tanah, tentunya Anda akan sangat terbantu sekali dalam memulai perjuangan kebun kecil-kecilan. Salah satu tumbuhan yang sering dibiakkan secara hidroponik ialah cabe. Jika Anda salah satu yang tertarik, artikel ini sangat sempurna untuk Anda alasannya ialah akan membahas cara menyemai bibit cabai hidroponik yang sanggup Anda lakukan.

 ialah salah satu alternatif yang sanggup Anda lakukan di rumah jikalau Anda sedang tertarik u Cara Menyemai Bibit Cabe Hidroponik di Rumah
Baca Juga : Analisa Usaha Hidroponik Lengkap Sayur Selada

Cara menyemai bibit cabai hidroponik ialah langkah dasar yang perlu Anda lakukan untuk sanggup menanam cabe. Terkait dengan hal tersebut ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Media Semai dengan Kompos, Sekam dan Tanah.

Ambil cabai biasa yang ada di rumah Anda, kemudian keluakan bijinya. Pindahkan biji tersebut ke media semai. Media semai sendiri sanggup Anda buat dengan adonan kompos, sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Setelah itu, tanpa memakai daerah khusus, Anda sanggup menanam biji dengan jarak yang pas contohnya setiap 3 cm.

Cara menyemai bibit cabai hidroponik dengan Polybag

  • Menyemai cabai hidroponik sanggup pula dilakukan dengan meletakkan media semai (seperti cara 1) ke dalam polybag berukuran 6 8 cm. lubangi bab bawah polybag sehingga ada celah drainase. Rendam higienis polybag tersebut dengan memakai air hangat selama kurang lebih empat jam. Kemudian tiriskan.
  • Langkah berikutnya ialah dengan memasukkan benih satu per satu ke dalam polybag dan tutup dengan sedikit tanah. Tutup polybag selama kurang lebih satu ahad sampai benih mulai tumbuh. Biasanya dalam waktu tersebut, benih akan benar-benar tumbuh bersamaan. Untuk perawatan, setiap hari cek benih dalam polybag, pastikan supaya tidak terlalu kering.
Kelebihan cara semai benih cabai tanpa polybag tentunya ialah lebih praktis. Selain itu juga, alasannya ialah tidak memakai polybag, Anda turut menjaga lingkungan dari ancaman sampah plastik. Akan tetapi, penggunaan polybag juga bermanfaat dalam hal meningkatkan kemungkinan bibit benih yang hidup. Selain itu juga alasannya ialah tempatnya terbatas, Anda sanggup memastikan tidak ada serangga yang mengganggu media semai Anda. Selain cabai hidroponik, cara semai ini juga banyak dipakai untuk tumbuhan dengan biji lainnya, contohnya tomat dan terong.

Dewasa ini bertanam secara hidroponik memang sangat diminati masyarakat. Sedikit pengetahuan terkait dengan cara bertanamnya kami harapkan bisa membantu Anda menyiapkan diri untuk bersaing di dunia global maupun sekedar mengisi waktu luang Anda. Demikianlah sedikit isu yang sanggup kami sajikan terkait dengan cara menyemai bibit cabai hidroponik. Mudah-mudahan apa yang kami tulis ini mendatangkan manfaat bagi Anda semua.