Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana Dan Mudah

Cara menanam sayuran hidroponik sederhana sanggup menjadi salah satu hal untuk menyalurkan hobi atau kegemaran. Menanam sayur ialah kegemaran yang sanggup menguntungkan lho. Dari kegemaran tersebut, Anda sanggup mendapat penghasilan. Untuk Anda yang masih pemula, Anda sanggup menentukan cara tanam hidroponik dengan media yang gampang serta dengan benih yang gampang tumbuh. Contoh benih yang gampang tumbuh ialah benih sawi dan benih selada. Media hidroponik serta bibitnya sanggup Anda temukan di banyak sekali toko pertanian secara pribadi atau pun di online shop terpercaya untuk Anda.

 sederhana sanggup menjadi salah satu hal untuk menyalurkan hobi atau kegemaran Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana dan Mudah
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Ada banyak sistem hidroponik yang sanggup Anda pilih. Contohnya saja sistem Wick dan sistem NTF. Kedua sistem ini merupakan sistem sederhana yang paling sering dipakai orang-orang dalam melaksanakan penanaman sayuran maupun buah secara hidroponik. Cara sederhana ini nyatanya hanya memakai beberapa materi gampang yang perlu dipersiapkan. Terdapat beberapa materi menyerupai rockwool untuk media penyerap nutrisi hidroponik, kain flannel serta media pot yang mempunyai fungsi untuk mengalirkan larutan nutrisi. Langsung saja, simak yuk beberapa hal yang perlu dilakukan dalam bertanam hidroponik.

Cara Praktis Bertanam Sayuran Hidroponik Sederhana

Sebenarnya, teknik menanam hidroponik sanggup dilakukan oleh siapa saja. Asal seseorang mempunyai kemauan dalam menanam dan merawat tanaman hidroponik, tanaman tersebut akan tumbuh dengan subur. Dan dikala Anda telah piawai dalam teknik bertanam secara hidroponik, ini merupakan salah satu laba bagi Anda sendiri lho. Anda sanggup menjadikannya sebagai salah satu ladang bisnis yang menggiurkan. Benar bukan? Siapa yang sudah siap menjadi seorang pengusaha tanaman hidroponik rumahan? Mari simak langkah-langkah nya ya..

Langsung saja, untuk melaksanakan cara menanam sayuran hidroponik sederhana Anda sanggup memakai sistem wick. Anda hanya membutuhkan beberapa materi menyerupai botol bekas 600 ml, media tanam yaitu rockwool, serta sumbu (bisa memakai kain flannel atau pun memakai sumbu kompor). Mulailah dengan memotong botol menjadi 2 bab dan dilubangi pada bab atasnya memakai paku yang telah dipanasi. Masukkanlah kain flannel ke dalam dua lubang tersebut. Botol dipasang dalam posisi yang terbalik. Media hidroponik sederhana dan simpel pun siap digunakan.
Berikutnya, Anda sanggup mulai menyemaikan bibit sawi atau pun bibit selada yang ingin Anda tanam. Sawi dan selada memang merupakan tanaman hidroponik yang sangat cocok untuk pemula alasannya ialah sangat gampang untuk tumbuh. Cara mendapat bibit tanaman ini pun sangat gampang baik secara online maupun secara langsung. Semailah bibit terlebih dahulu memakai rockwool. Ketika bibit sudah tumbuh dengan ciri daun sejati telah muncul, maka pindahlah pada media hidroponik. Jangan lupa untuk memperlihatkan cairan nutrisi hidroponik secara berkala. Itulah cara menanam sayuran hidroponik sederhana.