Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bertanam Hidroponik Sayuran Sederhana Bagi Para Pemula

Cara bertanam hidroponik sayuran yang sederhana dapat dijadikan sebagai alternatif cara menanam sayuran di lahan yang sempit. Selain itu, teknik hidroponik ini juga dapat dipakai untuk menanam sayuran organik yang bebas pestisida. Tanaman hidroponik ini memang dijamin bebas dari pestisida, hal ini dikarenakan dengan cara hidroponik tidak perlu lagi obat pembunuh hama. Dengan cara hidroponik obat pembunuh hama atau pestisida tidak diharapkan lagi, hal ini disebabkan flora hidroponik ini bebas dari hama.

 yang sederhana dapat dijadikan sebagai alternatif cara menanam sayuran di lahan yang sempi Cara Bertanam Hidroponik Sayuran Sederhana Bagi Para Pemula
Baca Juga :  Cara Tananam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Metode hidroponik ini biasanya dipakai untuk menanam aneka macam jenis sayuran ibarat kangkung, sawi, cabe, dan aneka macam jenis sayuran hijau lainnya. Cara menanam hidroponik kangkung dan flora sayuran lainnya dapat memakai cara yang sederhana dan mudah. Nah, bagi para pemula yang ingin berguru bercocok tanam hidroponik sederhana, berikut ini panduan cara bertanam hidroponik sayuran sederhana paling gampang untuk para pemula:
  • Pertama yang dilakukan untuk menanam sayuran dengan cara hidroponik ialah menyiapkan hidroponik kit terlebih dahulu. Hidroponik kit ini merupakan media penanaman hidroponik yang dibentuk dengan memakai paralon. Selain hidroponik kit, Anda juga harus menyiapkan rockwool yang terbuat dari kerikil vulkanik. Bentuk dari rockwool ini ibarat kerikil tapi memiliki serat. Rockwool termasuk media yang paling steril dari semua jenis hama.
  • Selanjutnya kalau hidroponik kit dan rockwool sudah siap, maka Anda harus menentukan benih sayuran yang akan ditanam. Jenis sayuran yang dapat ditanam dengan memakai sistem hidroponik ialah kangkung, pakcoy, caisim, selada, dan lain sebagainya. Selain benih, Anda juga perlu menyiapkan nutrisi hidroponik yang berbentuk cairan.
  • Setelah semua materi dan alat siap, maka langkah selanjutnya ialah menyemai bibit sayuran yang akan ditanam. Cara menyemai bibit flora ini ialah dengan memindahkannya memakai pinset dalam sebuah wadah yang berukuran 5 mm.
  • Kemudian bibit yang sudah disemai harus pribadi ditanam dalam hidroponik kit dengan memakai rockwool. Sebelum dimasukkan ke paralon sebaiknya bibit ini disiram dengan memakai air semoga basah. Air yang dipakai juga harus air sumur yang bebas dari pemutih dan penjernih.
  • Selanjutnya tutup cuilan kit dengan memakai plastik kurang lebih selama 5 hari semoga lembab dan bibit flora dapat tumbuh dengan sempurna.
  • Setelah lima hari tambahkan larutan hidroponik pada hidroponik kit untuk memperlihatkan nutrisi pada tanaman. Selain itu, hindari flora dari sinar matahari pribadi dan tidak terkena air hujan. Anda juga perlu menambah air dan nutrisi hidroponik secara berkala.
Penggunaan hidroponik kit dalam cara bertanam hidroponik sayuran ini memang sangat memudahkan para pemula. Apalagi hidroponik kit ini dapat dibeli yang secara pribadi dengan harga yang terjangkau. Selain membeli langsung, Anda juga dapat mencoba untuk menciptakan hidroponik kit sendiri dengan materi paralon. Cara menciptakan flora hidroponik dengan paralon atau hidroponik kit ini dapat dilakukan dengan memakai paralon bekas yang Anda miliki dirumah.