Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal Yg Harus Diketahui Perihal Minyak Tanaman Zaitun



1. Apa maksud 'extra virgin'?
Istilah 'extra virgin' dipakai untuk mengacu pada minyak zaitun yg berkualitas sangat tinggi. Pertama sanggup dilihat dari tingkat keasaman minyak yg kurang dari 0,8 persen. Maksud keasaman di sini tidak sama dengan keasaman pada cuka atau lemon, melainkan kadar zat kimia dalam minyak. Keasaman minyak akan menentukan rasa.
Kedua, 'extra virgin' berarti minyak didapatkan melalui proses mekanik murni, ibarat menghaluskan buah zaitun untuk mengambil minyaknya. Sementara biasanya minyak didapatkan memakai zat kimia untuk mengekstrak & menyaring minyak.
Ketiga, istilah 'extra virgin' juga menawarkan jaminan bahwa secara kualitas & rasa minyak ini sempurna, tanpa cela.
2. Rasa 'terbakar'
Ketika meminum minyak zaitun berkualitas tinggi seringkali Anda akan merasa sedikit 'terbakar' di bab belakang tenggorokan. Ini yaitu hal yg baik. Peneliti menjelaskan bahwa rasa tersebut merupakan indikasi kandungan polyphenol yg sehat dalam minyak.
3. Warna minyak tidak penting
Minyak zaitun dengan kualitas anggun sanggup berwarna keemasan hingga kuning renta hampir kehijauan. Ini bergantung pada jenis buah zaitun yg digunakan.
4. Kualitas minyak zaitun
Perbedaan kualitas minyak zaitun yg baik dengan yg murah yaitu dari sisi rasa. Minyak zaitun berkualitas rendah biasanya bahkan tidak melewati tes standar minyak zaitun. Biasanya minyak zaitun berkualitas jelek memakai materi kimia untuk menghilangkan bau, rasa, & pigmen dari minyak. Meski tak berbahaya, namun ini justru mengurangi rasa khas dari minyak zaitun.
5. Jangan menentukan minyak zaitun berkualitas rendah
Meski materi kimia yg dipakai pada minyak zaitun tidak berbahaya, namun bukan berarti Anda harus menentukan minyak zaitun yg murahan & berkualitas buruk. Selain rasanya yg berbeda, kandungan nutrisi pada minyak zaitun berkualitas rendah lebih sedikit, bahkan nyaris tidak ada.
6. Membaca label
Label minyak zaitun terka&g tak menulis kebenaran. Akan lebih baik bila Anda telah mengetahui satu merek yg terbukti anggun & sanggup diandalkan. Jika tidak, tak ada jaminan bahwa yg Anda beli yaitu minyak zaitun berkualitas baik. Meski begitu ada beberapa hal yg membantu Anda. Coba perhatikan dari mana negara pembuat minyak tersebut berasal. Minyak zaitun dengan kualitas baik seringkali berasal dari Spanyol, Yunani, atau Italia. Selain itu, cek masa berlaku, & tingkat keasamannya (harus kurang dari 0,8 persen). Perhatikan dengan seksama, & jangan hingga tertipu.
Itulah beberapa hal yg harus Anda ketahui mengenai minyak zaitun. Sekarang Anda sudah sanggup menentukan kualitas minyak zaitun & tak tertipu lagi dengan produk abal-abal.