Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tahapan Cara Menanam Cabai Hidroponik Dalam Botol Bekas

Cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki harga jual yang cukup tinggi, tidak salah kalau banyak petani menentukan untuk menanam cabe. Namun menanam cabai tidaklah mudah, apalagi pada ketika ekspresi dominan penghujan. Hal ini dikarenakan pada ketika ekspresi dominan penghujan tanaman cabai sangat rentan terkena penyakit dan gampang busuk. Nah, salah satu cara gampang menanam cabai ialah dengan teknik hidroponik dalam botol. Cara menanam cabai hidroponik dalam botol ini gampang dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menanam cabai dengan cara biasa.

Cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki harga jual yang cukup tinggi 5 Tahapan Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol Bekas
Baca Juga : Analisa Usaha Hidroponik Lengkap Sayur Selada

Salah satu keunggulan cara menanam hidroponik cabe ialah bebas dari aneka macam penyakit dan hama. Dengan demikian hasil panen cabai yang didapatkan juga sanggup maksimal sehingga sanggup memperlihatkan banyak keuntungan. Selain itu, menanam cabai secara hidroponik juga sanggup lebih menghemat air dan lebih bersih alasannya ialah tidak ada unsur tanah sedikit pun. Tidak hanya itu, dengan menanam cabai secara hidroponik dalam botol juga menciptakan cabai lebih sehat, hal ini dikarenakan cabai hidroponik tidak disemprot dengan pestisida.

Cara menanam cabai hidroponik dalam botol ini juga tidak memakan biaya yang cukup besar. Hal ini dikarenakan kawasan tanam dan media tanam yang dipakai sanggup didapatkan dengan harga yang murah. Bahkan botol yang dipakai untuk menanam cabai secara hidroponik ini sanggup didapatkan secara gratis. Nah, bagi Anda yang ingin menanam cabai secara hidroponik dengan memakai botol, berikut ini tahapan cara menanam cabai hidroponik sistem sumbu dengan memakai botol:
  • Memilih bibit cabai yang unggul

Pertama yang harus dilakukan untuk menanam cabai secara hidroponik ialah menentukan bibit cabai yang unggul. Bibit cabai yang dipilih ialah bibit cabai yang sudah ditanam dengan cara hidroponik. Biasanya bibit cabai untuk cara menanam hidroponik ini ditanam dengan memakai media sekam.
  • Membuat kawasan dan media menanam hidroponik

Setelah mendapat bibit cabai yang unggul maka langkah selanjutnya ialah menciptakan kawasan dan media menanam secara hidroponik. Tempat yang dipakai untuk menanam hidroponik ini ialah botol bekas yang sudah dipotong menjadi dua dan dilubangi pada bab lehernya. Untuk media tanam sanggup memakai arang atau sekam.
  • Membuat nutrisi hidroponik

Selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan nutrisi hidroponik. Nutrisi hidroponik ini sanggup dibentuk sendiri ataupun membeli jadi pada toko pertanian.
  • Memindah bibit ke kawasan penanaman hidroponik

Jika tempat, media dan nutrisi hidroponik sudah siap maka langkah selanjutnya ialah memindahkan bibit cabe. Cara memindahkan bibit cabai ini cukup gampang yaitu isi botol dengan air dan nutrisi hidroponik kemudian letakkan bibit cabai pada media yang sudah dimasukkan dalam botol.
  • Merawat dan memelihara cabai hidroponik

Langkah terakhir ialah merawat dan memeliharanya hingga cabai siap panen. Cara merawat dan memelihara cabai hidroponik ini cukup mudah, yaitu Anda harus selalu mengecek air dan nutrisi pada botol. Selain itu, hindarkan tanaman cabai dari panas.
5 tahapan cara menanam cabai hidroponik dalam botol sanggup Anda jadikan sebagai panduan dalam menanam cabai secara hidroponik. Selain cabe, ada banyak jenis sayuran yang sanggup ditanam secara hidroponik. Dengan menanam sayuran secara hidroponik ini Anda sanggup mendapat sayuran yang lebih sehat dan bebas dari pestisida. Selain itu, menanam secara hidroponik juga lebih menghemat tempat.