Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Nutrisi Hidroponik Murah (Bisa buat sendiri di Rumah)

Tutorial Nutrisi Hidroponik Murah (Bisa buat sendiri di Rumah)

Menanam dengan cara hidroponik merupakan salah satu solusi sempurna bagi Anda yang tidak memiliki lahan cukup untuk bercocok tanam. Metode penanaman ini sudah dikenal semenjak usang dan terus berkembang hingga sekarang. Dalam menanam secara hidroponik, hal paling penting yakni menawarkan nutrisi hidroponik pada tanaman. Nutrisi ini sanggup Anda dapatkan dengan gampang diberbagai toko pertanian, namun bagi Anda yang ingin lebih ekonomis dalam biaya penanaman, maka sanggup mencoba Tutorial Nutrisi Hidroponik Murah (Bisa buat sendiri di Rumah)

Menanam dengan cara hidroponik merupakan salah satu solusi sempurna bagi Anda yang tidak memp 4 Langkah Praktis Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Murah di Rumah
Baca Juga : Membuat Larutan Nutrisi Yang Digunakan Pada Cara Tanam Hidroponik

Untuk membuat nutrisi hidroponik manual sendiri dirumah sanggup dilakukan dengan gampang memakai bahan-bahan kimia menyerupai pembuatan pupuk pada umumnya. Hal ini dikarenakan nutrisi hidroponik ini bekerjsama sama dengan pupuk dalam penanaman metode konvensional, hanya saja nutrisi hidroponik ini berbentuk cair. Nah, bagi Anda yang ingin menciptakan nutrisi hidroponik sendiri, maka perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:
  1. Pupuk NPK sebanyak 10 gram
  2. Pupuk KCL sebanyak 10 gram
  3. Pupuk Growmore hijau atau Gandasil D 5 gram
  4. Air sumur 10 liter, jikalau yang ada hanya air PAM maka harus diendapkan selama 1 minggu
  5. Ember plastik ukuran 10 liter 1 buah
  6. Gelas bekas air minum 3 buah
  7. Timbangan
  8. Alat pengaduk, sanggup berupa kayu
Setelah semua materi siap, ikuti cara menciptakan nutrisi hidroponik murah berikut ini:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yakni mengisi gelas bekas air minum dengan air sebanyak 100 mililiter. Sebelum diisi air, sebaiknya gelas bekas air minum ini dibersihkan terlebih dahulu supaya nantinya nutrisi hidroponik yang dihasilkan tidak tercampur dengan kotoran.
  • Selanjutnya setiap pupuk yang sudah disiapkan masukkan ke dalam setiap gelas bekas air minum. Agar takarannya tepat, Anda sanggup menimbangnya terlebih dahulu dengan memakai timbangan yang sudah disiapkan. Ukuran 10 gram pupuk ini kira-kira sama dengan 1 sendok makan, dan untuk ukuran 5 gram sama dengan 1 sendok teh.
  • Setelah pupuk dimasukkan ke dalam gelas bekas air minum, maka Anda harus mengaduknya hingga benar-benar larut dan tidak ada gumpalan sama sekali. Jika masih terdapat gumpalan, maka Anda harus terus mengaduknya.
  • Langkah selanjutnya masukkan ketiga larutan pupuk tadi dalam bejana yang sudah disiapkan kemudian tambahkan air sumur bertahap sambil terus diaduk dan tercampur rata. Nutrisi hidroponik ini sudah siap untuk digunakan. Untuk memudahkan dalam penyimpanan maka Anda sanggup memasukkannya ke dalam dirigen kemudian tutup dengan rapat dan simpan dalam kawasan yang kering.
Komposisi nutrisi hidroponik yang sudah disiapkan ini Anda sanggup menghasilkan 10 liter nutrisi hidroponik untuk semua jenis tanaman. Nutrisi hidroponik yang dibentuk menyerupai materi dan cara menciptakan nutrisi hidroponik murah diatas sanggup dipakai untuk flora vegetatif sayuran menyerupai kangkung, sawi, dan terong. Dengan menciptakan nutrisi hidroponik sendiri ini tentunya akan lebih menghemat biaya dibandingkan Anda harus membeli cairan hidroponik yang sudah jadi.

Demikian artikel Tutorial Nutrisi Hidroponik Murah (Bisa buat sendiri di Rumah). tks