Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Menanam Cabai Hidroponik Sistem Sumbu Dalam Pot

Cara menanam cabai hidroponik sistem sumbu merupakan cara paling gampang untuk menanam secara hidroponik tanaman cabe. Metode hidroponik ini merupakan salah satu metode penanaman sayuran yang tidak memakai tanah sebagai media. Sebagai gantinya, media yang dipakai ialah sekam ataupun arang. Sedangkan nutrisi untuk tanaman cabai didapatkan melalui nutrisi hidroponik yang dibuat. Untuk menanam cabai memakai cara hidroponik sistem sumbu ini Anda hanya perlu menyiapkan pot, ember, media tanam, kain untuk sumbu, dan bibit cabe.

Cara menanam cabai hidroponik sistem sumbu Panduan Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Sumbu Dalam Pot
Baca Juga : Analisa Usaha Hidroponik Sayur Selada

Selain alat dan materi yang sederhana, menanam cabai rawit secara hidroponik ini juga memiliki banyak keuntungan. Salah satu manfaatnya yaitu lebih irit daerah untuk menanam. Hal ini dikarenakan dengan memakai sistem hidroponik Anda sanggup menanam cabai tanpa media tanah. Tidak hanya lebih irit daerah tapi juga lebih bersih alasannya ialah tidak adanya unsur tanah dalam penanaman. Nah, bagi Anda yang ingin menanam cabai dengan cara hidroponik, berikut ini panduan cara menanam cabai hidroponik sistem sumbu:
  • Semai bibit cabai hidroponik

Pertama yang harus dilakukan untuk menanam cabai secara hidroponik dengan sistem sumbu ialah menyemai bibit cabe. Bibit cabai ini sanggup Anda dapatkan dengan cara menanamnya dengan memakai media tanam ataupun jerami. Selain itu, bibit cabai ini juga sanggup Anda dapatkan dengan cara membeli pada petani cabe. Setelah bibit cabai didapatkan, Anda perlu menyemainya dan merendam bibit ini dalam air dan semai dalam wadah pot.
  • Buat media tanam dengan pot dan ember

Selanjutnya bila bibit cabai sudah disemai, maka langkah yang selanjutnya ialah menciptakan media tanam dengan memakai pot dan ember. Untuk menciptakan media tanam ini Anda membutuhkan pot ukuran kecil yang bab bawahnya berlubang. Selain itu, Anda juga membutuhkan sterofom dan bejana ukuran sedang. Cara menciptakan media tanam dengan memakai pot ini cukup mudah, Anda hanya perlu memotong sterofom seukuran bejana kemudian lubangi bab tengahnya sesuai dengan ukuran pot. Lalu pasang sumbu pada pot dan isi dengan memakai sekam atau arang.
  • Tanam cabai dalam pot

Setelah media tanam sudah jadi maka langkah terakhir ialah menanam bibit cabai yang sudah disemai. Anda sanggup eksklusif menanamnya pada pot yang sudah diberi sekam ataupun arang. Kemudian letakkan pot tersebut dalam lubang sterofom kemudian pindahkan diatas bejana yang sudah diisi air dan nutrisi hidroponik. Pastikan bila sumbu dari pot terendam air dalam ember. Jika air sudah mulai berkurang, Anda sanggup menambahkannya secara berkala.
Cara menanam cabai hidroponik sistem sumbu ini juga dikenal dengan teknik wick. Teknik wick hidroponik sederhana banyak dipakai oleh para petani hidroponik untuk menanam cabe. Selain mudah, dengan teknik wick ini hasil tanaman cabai yang dipanen juga lebih anggun dan lebih cepat. Tidak hanya itu, dengan teknik ini biaya penanaman secara hidroponik juga lebih terjangkau.