Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat & Khasiat Parasit (Macrosolen Cochinchinensis L.)

 Tanaman parasit adalah tumbuhan yg hidup dengan menumpang atau mengambil nutrisi dari tan Manfaat & Khasiat Tanaman Benalu (Macrosolen Cochinchinensis L.)
Tanaman Benalu (Macrosolen Cochinchinensis L.)


Deskripsi Tanaman Benalu

Tanaman parasit adalah tumbuhan yg hidup dengan menumpang atau mengambil nutrisi dari tumbuhan lain dengan cara menempel pada batang & dahan tumbuhan inang. Nama latin tumbuhan parasit adalah Macrosolen cochinchinensis (Lour.) van Tiegh. Se&gkan dalam bahasa inggris naman tumbuhan parasit adalah Loranthus. Arti tumbuhan parasit berdasarkan masyarakat di Indonesia sering di umpamakan dengan orang yg menyusahkan atau merugikan orang. Sifat tumbuhan parasit ini selalu menjadi parasit tumbuhan lain sehingga terka&g menjadikan bab dahan & batang yg tumbuhan inang yg ditempeli menjadi kering & kekurangan nutrisi alasannya nutrisi pohon inang tersebut banyak diambil tumbuhan benalu. Tanaman parasit gampang di jumpai pada banyak sekali macam tumbuhan menyerupai pada tanaman parasit teh, tumbuhan parasit mangga, tumbuhan parasit kopi, tumbuhan parasit cemara & lain-lain.  Jenis tumbuhan parasit ini ada banyak didunia menganut pada pohon inang yg di tumpangi. Kegunaan & fungsi tumbuhan parasit pada sebagain masyarakat dipakai sebagai obat herbal yg mana untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit yg ada di badan kita
  
Klasifikasi Tanaman Benalu

Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Loranthales
Suku : Loranthaceae
Marga : Macrosolen
Jenis : Macrosolen cochinchinensis (Lour.) van Tiegh.


Anatomi & Morfologi Tanaman Benalu

Tanaman parasit merupakan jenis tumbuhan yg tidak membutuhkan media tanam menyerupai tanah. Tanaman parasit tumbuh sebagai parasit, menempel pada dahan, tangkai & batang pohon kayu lain & mengisap kambium dalam pohon kayu yg ditempelinya sanggup kering & mati. Daun parasit bertangkai pendek, eliptis hingga bentuk lanset, ka&g-ka&g lingkaran telur, gundul 3,5-17 kali 1,5-7 dengan ujung yg agak meruncing, serupa kulit, mengkilat. Bunga tumbuhan parasit berjumlah 5-7 dalam setiap tangkainya,berdiri sendiri, di ketiak daun, biasanya  dalam berkas pada ruas tangkai yg tua. Tangkai bunga tumbuhan parasit pendek. Tabung kelopak bunga tumbuhan parasit berbentuk elipsoid, panjang lingkaran 3 mm, pinggiran mahkota sangat pendek. Buah tumbuhan parasit berbentuk lingkaran menyerupai peluru, dengan ukuran panjang 6 mm, yg berwarna coklat agak ke kuningan. Bunga parasit berkelamin tunggal biji buahnya mengandung getah. Akar tumbuhan parasit masuk ke dalam badan inangnya hingga bab kulit inang tumbuhan kemudian mengambil sari makannya akarnya berkayu. Habitat tumbuhan parasit pada dataran menengah hingga tinggi dari ketinggian 800-2300 meter di atas permukaan laut. Budidaya tumbuhan parasit melalui binatang atau burung yg memakan biji buah parasit tersebut. Proses berkembangbiak tumbuhan parasit ini dengan tahapan: biji parasit yg bergetah itu dimakan binatang atau burung. Kemudian biji parasit tersebut menempel di ranting & batang kayu bersama dengan kotoran binatang yg memakannya, & tumbuh di tangkai atau batang itu.

Kandungan Tanaman Benalu

Tanaman parasit mengandung zat glikosida kuersetin, querstrin, alkaloida, saponin, flavonoid, & tanin. Setiap kandungan tersebuttergantung dari jenis pohon induk yg ia tumpangi.

Manfaat & Khasiat Tanaman Benalu Bagi Kesehatan
  • Tanaman parasit dipakai untuk obat penyakit gangguan kelenjar prostat, 
  • Tanaman benalu untuk obat nyeri pinggang
  • Tanaman parasit untuk obat melancarkan buang air kecil
  • Tanaman parasit sebagai obat untuk mengobati kanker
  • Tanaman parasit dipakai sebagai obat penyakit tumor, 
  • Tanaman parasit untuk obat penyakit amandel
  • Tanaman parasit mempunyai kegunaan untuk mengobati penyakit gangguan pada organ usus.
  • Tanaman parasit dipakai sebagai obat penyakit gangguan pada kelenjar prostat
  • Tanaman parasit sanggup dipakai untuk antioksi& badan supaya badan kita terlihat lebih muda