Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat & Khasiat Eceng Gondok



Semua komponen flora eceng gondok ini bisa dikhasiatkan.

Pertama, katanya, hasil labnya menunjukkan eceng gondok bisa mengikat unsur logam dalam air. Makanya flora ini hanya cocok hidup di air yg kotor dibandingkan air bersih. Kedua, daunnya bisa digunakan materi pakan ternak. Ketiga, seratnya bisa digunakan materi kerajinan tangan & sudah banyak diekspor ke luar negeri. Keempat, batangnya bisa digunakan penygga rangkaian bunga. Peluang inilah, berdasarkan Yeni, belum maksimal dikhasiatkan oleh masyarakat, sehingga belum ada yg hingga membudidayakan eceng gondok di Bali.

Selain dikenal dengan nama eceng gondok, ternyata dibeberapa kawasan di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain ibarat di kawasan Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.






Manfaat Eceng Gondok :

emula enceng gondok dianggap sebagai flora yg sanggup merusak lingkungan alasannya yaitu sifatnya tumbuh liar di rawa, &au, ssungai, selokan & genangan air lainnya. Karena sifatnya yg gampang tumbuh & pembiasaan itu, enceng gondok dalam waktu sekejap bisa menutupi permukaan sungai ataupun &au sehingga sangat mengganggu pan&gan.

Terka&g juga jadi pemicu banjir alasannya yaitu flora yg merambat diatas air itu sanggup menahan sampah. Sebab itu, banyak upaya memusnahkan enceng gondok alasannya yaitu dianggap sebagai flora pengganggu lingkungan dengan jalan pembabatan.

Tapi ada pula yg berpikiran kreatif dengan mekhasiatkan flora itu sebagai materi kerajinan ibarat tas, tikar, aksesoris, taplak meja & sebagainya. Alhasil, limbah yg tadinya sangat membantu hasilnya bisa mendatangkan keuntungan.

Kabar gres yg cukup menggembirakan ialah bahwa flora enceng gondok mempunyai senyawa kimia penting hingga bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit.

Kandungan Enceng Gondok :

Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) & banyak lagi.
Pada akarnya terdapat senyawa sulfate & fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin & buunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan seluruh kandungan kimia yg ada itu, enceng gondok sanggup menyembuhkan tenggorokan terasa panas, kencing tidak lancar, biduran & bisul. Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ flora dari akar samapai daun ddapat dikhasiatkan sebagai materi obat tradisional.