Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Mengatur Jarak Lubang Paralon Hidroponik?

Bagaimana Mengatur Jarak Lubang Paralon Hidroponik?

Container hidroponik siap pakai dapat kita beli untuk menciptakan instalasi hidroponik. Namun demikian, tidak semua daerah menyediakan perangkat ini. Untuk mengatasi duduk kasus tersebut, kita dapat membuatnya memakai pipa paralon atau PVC. Bila kita memakai pipa ini, maka kita perlu untuk menciptakan lubang tanam secara manual. Bagaimana Mengatur Jarak Lubang Paralon Hidroponik? yang sesuai dengan tumbuhan akan sangat mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya produk yang kita tanam.

Container hidroponik siap pakai dapat kita beli untuk menciptakan instalasi hidroponik Acuan Dalam Membuat Jarak Lubang Paralon Hidroponik
Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Dari Plastik

Pada umumnya, jarak yang dipakai pada paralon hidroponik yakni 20 cm antar sentra lobang. Jarak ini dinilai cukup ideal untuk banyak sekali tumbuhan hidroponik yang mempunyai kanopi daun menengah. Namun demikian, jika kita menanam tumbuhan yang mempunyai kanopi lebih lebar menyerupai cabe, kita dapat menciptakan jarak tanam yang lebih lebar. Hal itu dilakukan semoga antara cabang satu dan lainnya tidak saling mengganggu. Keadaan ini juga akan kuat terhadap pertumbuhan tumbuhan tersebut.

Untuk membuat lubang paralon hidroponik juga ditentukan oleh nutrisi yang kita gunakan. Untuk tumbuhan dengan kanopi daun yang tidak besar, menyerupai bawang daun dan caisim, kita dapat menciptakan jarak yang lebih dekat. Untuk jenis tumbuhan macam ini kita dapat menciptakan jarak 10 cm sampai 15 cm per lobang tanam. Dengan jarak yang sempit ini, maka memungkinkan kita untuk menanam lebih banyak tumbuhan per 1 buah paralon. 

Namun demikian, jarak lubang paralon hidroponik yang rapat ini akan menciptakan kebutuhan nutrisi tumbuhan juga meningkat. Untuk itu, maka kita perlu memperhitungkan jumlah tumbuhan yang ada dengan pinjaman nutrisi. Agar kita dapat memperhitungkan dengan lebih akurat, sebaiknya kita menanam tumbuhan hidroponik dengan beberapa jarak tanam. Kita dapat membandingkan asupan nutrisi antara satu jarak tanam dengan jarak tanam lainnya untuk mendapat hasil yang optimal.

Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan masih belum diidentifikasi dengan jelas. Karena itu, kita dapat meneliti dan mengamati sendiri flora yang kita tanam dengan memperhatikan lubang tanam pada paralon. Selain jarak, ukuran lubang paralon hidroponik juga dapat mempengaruhi pertumbuhan. Lubang tanam yang baik yakni lubang tanam yang mempunyai ukuran sesuai dengan net pot yang ada. Karena itu, sebaiknya ketika kita menciptakan lubang, kita mengukur sesuai dengan net pot yang digunakan. 

Bila kita menanam lebih dari satu jenis tanaman, maka kita dapat menciptakan lubang yang fleksibel. Jarak lubang paralon hidroponik yang kita buat dapat dalam ukuran yang pendek namun seragam. Ukuran yang dapat kita gunakan yakni 10 cm antar sentra lubang. Dengan demikian, kita dapat menyesuaikan jarak dengan tumbuhan yang akan kita tanam. Bila kita membutuhkan jarak 20 cm, maka kita tinggal tutup lubang yang tidak terpakai. Karena itu, jangan buang bagian pipa ketika menciptakan lubang paralon.

Demikian artikel Bagaimana Mengatur Jarak Lubang Paralon Hidroponik?, semoga bermanfaat