Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini Tips Budidaya Kurma Di Indonesia

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia| - Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang wajib ada disaat bulan ramadan ini merupakan buah yang di sukai oleh nabi Muhamad SAW jadi saya rasa sebagian besar orang indonesia mengetahui buah yang satu ini.

Buah kurma merupaka buah yang berasal dari timur tengah yang masih satu kerabat dengan kelapa sawit atau palma.

Tanaman ini hampir mustahil sanggup di tanam dan berbuah di negara kita pasalnya dominan tumbuhan kurma yang kita tau selama ini tumbuh di padang pasir menyerupai di timur tengah.

Namun dengan kemajuan jaman kini telah di temukan jenis kurma yang sanggup berbuah di Indonesia yaitu kurma jenis KL-1 yang berasal dari Thailand.

Budidaya tumbuhan ini sangat cocok di wilayah dataran rendah yang mempunyai suhu yang cukup dan air yang tidak terlalu dalam.

Anda ingin tau perihal bagaimana cara menanam dan proses perawatannya mari simak di bawah ini.

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia


Pemilihan Bibit Dan Pengolahan Lahan

Pilih bibit yang mempunyai pertumbuhan baik dengan ciri ciri daun tidak layu dan telah mempunyai 4 - 5 pelepah atau daun. Bibit sanggup di peroleh di penjual bibit atau dengan memesannya secara online.

Untuk pengolahan lahan dilakukan dengan membersihkan lahan dari rumput dan pepohonan yang menghalangi masuknya sinar matahari.

Buatkan lubang tanam dengan jarak 7 x 7 m dengan ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm. Diamkan seminggu kemudian tambahkan pupuk kompos atau pupuk sangkar yag telah matang.

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini Tips Budidaya Kurma Di Indonesia
Contoh Bibit Kurma Siap Tanam


Penanaman kurma dilakukan dengan cara memasukkan bibit kedalam lubang kemudian timbun dengan tanah hasil galian kemudian padatkan.

Siram tumbuhan buah kurma sehari dua kali atau sanggup sesuaikan dengan kondisi cuaca.

Berikan pupuk susulan berupa Npk Dan Kcl sebanyak 100 gram atau sebesar kepalan tangan orang cukup umur setiap 2-3 bulan sekali.

Seperti yang sudah saya singgung di atas kurma yaitu kerabat plma yang mempunyai klamin terpisah antara yang jantan dan betina. 

Kaprikornus untuk menghasilkan buah, kurma memerlukan penyerbukan yang dilakukan secara alami atau pun dengan proteksi manusia, namun semoga tingkat keberhasilan buah tinggi lebih baik dilakukan dengan proteksi manusia.

Dalam proses penyerbukan melalui proteksi insan yaitu dengan cara mengambil bunga jantan kemudian serbukkan ke bunga betina menyerupai penyerbukan pada tumbuhan salak.

Tanaman kurma mulai sanggup berbuah sesudah berumur antara 3 - 4 tahun sesudah tanam dengan syarat perawatan harus optimal.

Setelah bunga betina menjadi buah maka berikan epilog buah berupa jaring ataupun sejenisnya untuk menjaga buah dari hama menyerupai tupai, codot dan yang lainnya.

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini Tips Budidaya Kurma Di Indonesia
Contoh Buah Kurma Yang Di Beri Pelindung 

Demikian klarifikasi tentangg Tips Budidaya Kurma Di Indonesia semoga sanggup bermanfaat dan menciptakan anda ingin menanamnya. Selamat mencoba