Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat & Khasiat Tanaman Katuk (Sauropus Androgynus)

 Tanaman katuk yakni tumbuhan pohon yg sering kita jumpai ada disekitar kita Manfaat & Khasiat Tanaman Katuk (Sauropus Androgynus)
Tanaman Katuk (Sauropus Androgynus)

 
Deskripsi Tanaman Katuk

Tanaman katuk yakni tumbuhan pohon yg sering kita jumpai ada disekitar kita. Tanaman katuk ini biasanya hidup di kawasan la&g, hutan & ditanam di depan rumah. Nama latin tumbuhan katuk yakni Sauropus androgynus. Se&gkan dalam bahasa Inggris tumbuhan katuk mempunyai nama star gooseberry, & sweet leaf. Menurut sejarah tumbuhan katuk ini asalnya ini berasal dari kawasan India & Asia Tenggara. Persebaran tumbuhan katuk ini dari kawasan India, Vietnam, Malaysia, India, China, Indonesia, Filipina. Ciri-ciri tumbuhan katuk ini mempunyai daun yg membulat kecil berwarna hijau. Fungsi & kegunaan tumbuhan katuk mungkin bagi sebagian masyarakat dipakai untuk tumbuhan sayur & dijadikan pagar hidup. Namun ternyata tumbuhan katuk ini sanggup dijadikan obat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yg ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Katuk

Melayu : Memata
Minangkabau : Simani
Sunda : Katuk
Jawa : Kebing & Katukan
Madura : Kerakur
Klasifikasi Tanaman Katu

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Malpighiales
Famili : Phyllanthaceae
Genus : Sauropus
Spesies : S. Androgynus

Anatomi & Morfologi Tanaman Katuk

Tanaman katuk merupakan tanamansalah satu jenis tumbuhan yg berasal dari keluarga tumbuhan menir-meniran ( Phyllanthaceae). Tanaman katuk ini termasuk tumbuhan semak, dengan ukuran  tinggi 1- 2 m. Batang tumbuhan katuk ini berkayu ramping. Tanaman katuk ini mempunyai daun yg kecil, berbentuk bundar lonjong berwarna hijau gelap dengan panjang 5 hingga 6 cm & letak daunnya saling berhadapan. Tangkai daun tumbuhan katuk ini sekitar 20 cm. Bunga tumbuhan katuk berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap & berbunga muncul sepanjang tahun. Buah tumbuhan katuk ini berwarna putih kekuningan terka&g agak merah 1,5 cm berbentuk bundar lonjong dengan ukuran sekitar 1,5 cm. Ketika buah tumbuhan katuk matang akan pecah & didalam satu buah tumbuhan katuk ini terdapat 4 biji. Biji tumbuhan katuk ini berbentuk pipih berwarna hitam. Akar tumbuhan katuk tunggang berwarna putih kecoklatan. Budidaya tumbuhan katuk ini berkembangbiaknya dengan cara stek & biji. Habitat tumbuhan katuk tumbuh secara alami  pada kawasan yg cukup lembab pada dataran rendah tropis dengan iklim pertengahan elevasi, umumnya di kawasan hutan terbuka dengan posisi terendah  dengan suhu tahunan 17 hingga 25 ° C, & suhu tertinggi 28-34 ° C, curah hujan tahunan 1400-5000 mm & animo kemarau dari 5 bulan atau kurang, & syarat  tumbuh pada dataran rendah hingga 1.300 di atas permukaan laut.

Bagian Tanaman Katuk Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Katuk

Tanaman katuk mengandung sterol, resin, tanin, saponin, alkaloid, flavonoid, terpenoid, glikosida, fenol, katekol, polifenol, anthocyanin, karotenoid, asam askorbat, fenolat, steroid, & alkaloid.

Manfaat & Khasiat Tanaman Katuk Untuk Kesehatan
  1. Tanaman katuk dipakai untuk memperlancar asi pada ibu menyusui.
  2. Tanaman katuk untuk mengobati demam.
  3. Tanaman katuk berguna untuk memperlancar kencing.
  4. Tanaman katuk berguna sebagai antioksi& alami.
Catatan 

Konsumsilah herbal tumbuhan katuk ini dengan bijak & sesuai takaran. Karena tumbuhan katuk ini mempunyai kandungan racun yaitu  papaverina.