Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Bunga / Kembang Cenama Gajah (Schefflera Elliptica (Blume) Harms Araliaceae)

 Tanaman cenama gajah yaitu flora semak abadi yg hidup disekitar kita Manfaat Tanaman Cenama Gajah (Schefflera elliptica (Blume) Harms Araliaceae)

 Tanaman cenama gajah yaitu flora semak abadi yg hidup disekitar kita Manfaat Tanaman Cenama Gajah (Schefflera elliptica (Blume) Harms Araliaceae)
Tanaman Cenama Gajah (Schefflera elliptica (Blume) Harms Araliaceae)


Deskripsi Tanaman Cenama Gajah

Tanaman cenama gajah yaitu flora semak abadi yg hidup disekitar kita. Tanaman cenama gajah ini sanggup dijumpai pada daerah  sungai & juga sering di sepanjang pantai & di vegetasi mangrove. Nama latin flora cenama gajah ialah Schefflera elliptica (Blume) Harms Araliaceae. Tanaman cenama gajah ini berasal dari kawasan Asia Tropis. Persebaran flora cenama gajah dari Taiwan, Andaman & Kepulauan Nicobar, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Filipina ke New Guinea, Australia. Ciri-ciri flora cenama gajah ini mempunyai daun berwarna hijau dengan tangkai daun yg agak panjang berbentuk alternate. Fungsi & kegunaan flora cenama gajah bagi sebagian masyarakat biasanya dipakai untuk flora hias sepanjang pinggir jalan, taman & kebun. Namun yg tidak kita tahu flora cenama gajah ini mempunyai banyak khasiat & khasiat untuk mengobati macam-macam penyakit yg ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Cenama Gajah

Ara Bebari, Bunga Kuku Langsuir, Cenama Gajah

Klasifikasi Tanaman Cenama Gajah

Kingdom : Plantae
Phylum : Charophyta
Class : Equisetopsida
Subclass : Magnoliidae
Superorder : Asteranae
Order : Apiales
Family : Araliaceae
Ggenus : Schefflera
Species : Schefflera elliptica

Anatomi & Morfologi Tanaman Cenama Gajah

Tanaman cenama agajah merupakan salah satu jenis flora yg berasal dari keluarga flora berbunga (Araliaceae). Tanaman cenama gajah ini termasuk flora semak parenial (abadi) atau pohon kecil yg mana ukuran flora ini sanggup mencapai 10 m. Tanaman cenama gajah ini mempunyai batang berkayu, bercabang banyak & ukuran diameter batanyanya sanggup mencapai 9 cm. Daun flora cenama gajah berwarna hijau, daun alternate, selebaran elips seluruhnya & berwarna petiolate. Bunga flora cenama  menghasilkan malai bunga lima warna hijau muda. Buah  cenama gajag berbentuk ovoid ke ellipsoid atau subglobose dengan ukuran 3-4 mm, ketika kering berbentuk kerucut  piramida. Habitat flora cenama gajah di hutan primer & sekunder & belukar, sering di sepanjang sungai & juga sering di sepanjang pantai & di vegetasi mangrove, pada ketinggian hingga 2.500 meter dari permukaan air laut. Tanaman cenama gajah berkembang biak dengan cara dengan biji & stek batang.

Bagian Tanaman Cenama Gajah Yang Digunakan

Daun, Kayu Akar

Kandungan Tanaman Cenama Gajah 

Tanaman cenama gajah mengandung zata lectins asam oleanoli, lutein, alkohol lemak

Manfaat & Khasiat Cenama Gajah
  1. Kulit kayu canama gajah dipakai untuk pengobatan batuk.
  2. Kayu cenama gajah yg dihaluskan berguna untuk meringankan sakit gigi.
  3. Akar cenama gajah dicampur dengan nasi, dimakan untuk menyembuhkan penyakit mengantuk.
  4. Daun cenama gajah dipakai untuk menyembuhkan luka.
  5. Tanaman cenama gajah berguna untuk mengobati penyakit kudis.

Catatan

Ibu hamil & menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi flora ini.