Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng


 kali ini saya akan membahas wacana hama penyakit wereng Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng - Selamat tiba di blog , kali ini saya akan membahas wacana hama penyakit wereng.

Hama wereng merupakan hama yang menyerang padi dengan cara menghisap nutrisi dari batang padi hingga menguning dan kering.

Selama ini para petani padi mengeluhkan akan serengan hama yang satu ini alasannya yaitu efek yang di hasilkan begitu merugikan para petani.

Berikut yaitu cara cara pengendaliannya.

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng 


Langkah Langkah Pengendalian

  1. Pencegahan.
  2. Pola tanam.
  3. Membasmi hama yang telah menyerang.

 kali ini saya akan membahas wacana hama penyakit wereng Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng
Contoh Hama Wereng

1. Pencegahan 

Dalam mengatasi hama wereng langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu proses pencegahan, alasannya yaitu ini yaitu tahap yang paling penting untuk keberhasilan mengendalikan hama wereng.

Cara pencegahannya yaitu bersihkan lahan sawah yang akan kita tanam dari gulma atau rumput liar.

Perhatikan dalam proses penyemprotan harus sempurna dan tidak berlebihan alasannya yaitu jikalau berlebihan akan membunuh musuh alami hama wereng itu sendiri.

2. Pola Tanam

Untuk mengatasi hama wereng yang selanjutnya yaitu perhatikan contoh tanamnya, lakukan penanaman dengan sistem jajar legowo untuk memudahkan sirkulasi udara dan mempermudah dalam melaksanakan penyemprotan.

Pola tanam Jajar Legowo merupakan sistem menanam dengan menghilangkan satu baris dalam setiap beberapa barisan.

 kali ini saya akan membahas wacana hama penyakit wereng Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng
Contoh Legowo 5 : 1

Baca juga

3. Membasmi Hama Yang Telah Menyerang

Membasmi hama wereng sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memakai pestisida kimia dan pestisida organik (alami).

Untuk cara kimia sanggup memakai insektisida yang banyak dijual ditiko pertanian seperti, Ares, Virtako, Venop dan masih banyak lainya. 

Sedangkan untuk cara organik (alami), kita sanggup memakai satu genggam daun sirsat yang di haluskan bersama dengan delingau dan sepuluh siung bawang putih kemudian tambahkan sabun krim/sabun colek, kemudian campur dengan air 10 liter dan diamkan selama 3 - 4 hari.

Setelah 3 - 4 hari, saring adonan daun sirsat dan pestisida organik siap untuk dipakai dengan takaran satu liter pestisida organik di campur dengan air 14 - 15 liter.

Dapat juga memakai oli bekas yang dimasukkan kedalam petakan sawah yang berisi air dengan takaran 10 - 20 liter per 1/4 hektar.

Usahakan dalam proses pengendalian hama wereng dilakukan secara bersama sama atau serempak dalam satu hamparan sawah semoga dalam proses penyemprotan, hama wereng tidak berpindah dan sembunyi di lahan sawah sekitarnya yang menyebabkan hama wereng tidak mati.

Demikian klarifikasi tentang Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng  semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda para petani padi. Selamat mencoba .