Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar

Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar

Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar - Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan perihal budidaya pohon jati yang mahal itu loo.

Pohon jati atau kayu jati merupakan tumbuhan yang mempunyai pasar yang sangat luas dan mempunyai harga jual yang sangat tinggi.

Kayu jati banyak dimanfaatkan sebagai furniture dan materi pembuatan rumah menyerupai kursi, meja, lemari, pintu  dan masih banyak lainya

Di Indonesia sendiri tumbuhan ini tersebar hampir disetiap kepulauan yang ada di Indonesia, dan yang pastinya selalu menjadi primadona.

Namun sayangnya dalam menanam atau membudidayakan tumbuhan ini harus dibutuhkan kesabaran sebab untuk mendapat balasannya kita harus menunggu cukup lama.

Tapi semua usaha dan kesabaran itu akan berbuah manis kelak jika waktunya panen datang, udah kayak orang bijak aja nih kata katanya, dari pada tambah ngelantur pribadi saja simak penjelasanya dibawah ini .

Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar

Pohon jati sanggup tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan curah hujan 1500 – 2000 mm/tahun dan suhu 27°C - 36°C. 

Tanah yang baik untuk menanam pohon jati ialah tanah dengan pH sekitar 5 - 7 dan tidak tergenang air.

Untuk menanam pohon jati yang harus kita perhatikan ialah menentukan bibit yang unggul serta perawatan yang baik.

Berikut ialah langkah langkah dan tahapan yang harus kita laukan dalam menanam pohon jati biar cepat besar.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit dalam menanam pohon jati ialah faktor yang sangat penting sebab dengan bibit yang baik dan unggul akan menghasilkan pohon jati yang tumbuh cepat serta berkualitas tinggi.

Dalam menyiapkan bibit terdapat dua cara yaitu dengan membuatnya sendiri atau membelinya di kawasan penjual bibit jati yang terpercaya.

Untuk membuatnya sendiri yang harus kita lakukan ialah sebagai berikut :

1. Menyiapkan media tumbuh berupa polybag yang diisi dengan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1.

2. Siapkan bibit pohon jati yang berasal dari bijinya, kemudian tanam pada media tumbuh yang sudah kita buat.

3. Berikan naungan berupa daun kelapa atau sejenisnya untuk menjaga bibit tidak terkena sinar matahari secara langsung.

4. Laukan penyiraman secara ruti sehari dua kali, dan sanggup diseusuaikan dengan kondisi media tanam.

Bibit siap ditanam atau di pindahkan kelahan sesudah berumur 3 - 5 bulan terhitung dari awal penanamn biji pohon jati.


Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar
Contoh hibrida siap tanam


Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan dilakukan dengan menciptakan lubang dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm dan jarak antar tumbuhan 2,5 x 2,5 meter.

Setelah pembuatan lubang selsai langah berikutnya ialah menawarkan pupuk sangkar sanggup juga menggunaan kompos sebanyak 5 kg atau setara dengan satu baskom tanggung pada setiap lubang.

Diamkan lahan selama 15 - 20 hari biar gas yang kurang baik dari dalam tanah sanggup menguap serta penyakit menyerupai jamur sanggup mati terkena sinar matahari.

Penanaman

Penanaman dilakukan dengan merobek polybag kemudian masukkan bibit pohon jati kedalam lubang, kemudian timbun menggunaan tanah.

Laukan penanaman pada awal ekspresi dominan penghujan untuk memudahkan perawatan dan menghemat biaya, dan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari tumbuhan layu akhir terkena panas matahai.

Perawatan

Perawatan pohon jati yaitu dengan mnembersihkan rumput disekitar tumbuhan dengan menggunaan cangkul atau sabit.

Berikan pupuk secara bersiklus setiap tiga bulan sekali memakai pupuk sangkar atau pupuk kimia menyerupai Urea dan Npk sebanyak 50 kg dan tiga bulan berikutnya 100 kg dan seterusnya hingga tumbuhan dirasa sudah cukup baik.

Lakukan penyulaman pada tumbuhan yang mati dan pertumbuhannya tidak optimal.

Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar
Contoh perawatan yang baik


Pemanenan

Pohon jati sanggup dipanen sesudah berumur 15 - 20 tahun dengan ciri batang sudah besar dan tumbuhan sudah tinggi menjulang.

Demikian Tips Budidaya Pohon Jati Biar Cepat Besar.  Terimakasih.......