Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Mengatasi Hama Tikus yang Menyerang Padi, Jagung dan Singkong

Teknik Mengatasi Hama Tikus yang Menyerang Padi, Jagung dan Singkong

Teknik Mengatasi Hama Tikus yang Menyerang Padi, Jagung dan Singkong | - Tikus merupakan musuh abadi para petani yang mengakibatkan para petani menjadi pusing dan gagal panen.

Dalam habitatnya tikus hidup secara bergerombol sampai ratusan ekor pada setiap kelompok, hama tikus juga mempunyai perkembangbiakkan yang cepat.

Setiap induk tikus sanggup beranak sampai 10 ekor, maka tidak heran kalau hama tikus sanggup dengan cepat menjadi banyak dan merusak flora petani.

Hama ini hidup dengan menciptakan lubang disekitar daerah yang banyak terdapat sumber masakan ibarat padi, jagung, singkong dan flora lainya.

Teknik Mengatasi Hama Tikus yang Menyerang Padi, Jagung dan Singkong

Selain memangsa flora yang sudah berbuah tikus juga sering memakan bibit yang masih gres ditanam atau tumbuh ibarat perkara pada flora padi yang gres ditanam disawah, dengan memakan akar atau batang padi.

Untuk mengatasi hama tikus ada beberapa cara yang harus diketahui semoga hama tikus minimal sanggup berkurang, berikut cara caranya

Baca juga : Tips Mengatasi Daun Kriting Pada Tanaman Cabai

1. Penanaman Secara Serentak

Laukan penanaman secara serentak pada satu hamparan lahan, lantaran kalau dalam melaksanakan penanaman tidak serentak maka hama tikus sanggup dengan gampang memangsa flora kita lantaran tidak ada flora lain. 

2. Pembersihan Lahan

Bersihkan lahan dari gulma atau rumput dan semak semak yang merupakan daerah kesukaan hama tikus untuk menciptakan sarang serta berkembang biak.

3. Pemburuan masal

Untuk cara membasmi selanjutnya yaitu pemburuan masal diawal masa tanam dengan melibatkan banyak petani khususnya para petani sekitar lahan dengan cara memburu memakai pemberian anjing atau menggali sarangnya.

Teknik Mengatasi Hama Tikus yang Menyerang Padi, Jagung dan Singkong
Proses Pemburuan Masal

4. Pengobatan Atau Peracunan

Lakukan pengobatan memakai racun kimia atau sanggup dengan menawarkan asap pada setiap lubang, selain dua cara tersebut kita juga sanggup memenfaatkan popok bayi bekas yang diisi karbit kemudian dimasukkan kelubang tikus.

Baca juga : Teknik Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula

5. Trap Barrier system (TBS)

TBS merupakan sistem penjebakan hama tikus dengan menggunakn plastik atau terpal yang dibentuk melingkari lahan yang bertujuan untuk mengarahkan hama tikus masuk perangkap yang terbuat dari bubu atau kawat ram.

Cara Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi Cara Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi, Jagung Dan Singkong
Contoh Cara Membasmi Hama Tikus Metode TBS

6. Pemanfaatan Musuh  Alami

Berikan musuh alami ibarat kucing, anjing, burung hantu dan ular atau kalau dilahan sudah ada maka jangan di ganggu atau dimusnahkan melainkan dirawat sehingga sanggup membasmi hama tikus.


Demikian artikel Teknik Mengatasi Hama Tikus yang Menyerang Padi, Jagung dan Singkong, semoga bermanfaat dan menawarkan solusi bagi para petani yang dibentuk pusing dengan hama tikus.