Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Pada Burung Kenari



Penyakit Pada Burung Kenari
Setiap makhluk hidup tak luput dari suatu penyakit, begitu juga dengan burung kenari. Beberapa teman kerap menanyakan kepada saya bagaimana cara mengatasi kenari yang sakit sekaligus cara menyembuhkan kenari yang sedang sakit. Untuk menjawab pertanyaan tersebut memang tidaklah mudah.
Dalam artikel ini saya ingin terlebih dahulu mengenalkan wacana penyebab penyakit pada burung kenari. Ternyata penyakit yang menjangkit kenari sanggup disebabkan oleh banyak faktor yang secara khusus meliputi:
  • Virus. Penyakit pada kenari yang disebabkan oleh suatu virus memiliki efek yang sangat signifikan dimana cepat menyebar dan sanggup menjangkit burung atau makhluk hidup lainnya. Penyakit kenari yang disebabkan oleh virus antara lain influenza, orithosis dan new castle.
  • Bakteri. Burung kenari pun bisa dihinggapi oleh bakteri-bakteri jahat. Penyakit yang seringkali mengidap kenari yang disebabkan oleh basil contohnya saja diare dan TBC.
  • Jamur. Parasit ini biasanya menyerang kanal pernapasan dan bahkan kanal pencernaan. Jamur seringkali menjadikan pembengkakan pada kanal pernapasan kenari. Jamur pun bisa menyerang penggalan luar ibarat kaki dan penggalan kelopak mata.
  • Amoeba dan Protozoa. Biasanya berbentuk kista dan menyerang kenari dikala masih di dalam telur. Efek yang ditimbulkan pun terbilang akut dimana kenari akan mengalami pendarahan di dalam tubuh.
  • Tungau. Termasuk dari spesies serangga dan tidak tahan panas. Beberapa jenis tungau yang menyerang kenari yakni tungau merah, tungau bulu dan tungau guil. Tungau ini gampang ditemui bila kondisi kandang/sangkar tidak bersih. 
  • Cacing. Sering juga disebut sebagai penyakit cacingan. Jenis-jenis cacing yang bisa menyerang kenari adalah: cacing pita, cacing gelang dan cacing rambut.
  • Kutu. Makhluk kecil ini sanggup menciptakan bulu kenari menjadi rontok dan kenari merasa gatal. Pada dasarnya kutu akan menghisap darah kenari sehingga tergolong organisme parasit.


Untuk mengatasi beberapa penyakit di atas maka dibutuhkan perhatian dan perawatan yang baik. Perhatian bisa mencakup kecermatan dan intensitas terhadap kondisi burung supaya selalu sehat. Perawatan yang baik sanggup mencakup kebersihan kandang, pakan yang baik, vitamin dan gizi yang cukup serta penjemuran yang cukup.