Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Lele

Sumber daya Indonesia dari sekian banyak komoditas perikanan terutama pada ikan lele sanggup dikatakan sebagai jenis ikan yang sangat terkenal di masyarakat. Oleh alasannya ialah itu selain rasanya lezat, kandungan gizinya pun cukup tnggi sehingga disukai berbagagi kalangan masyrakat luas khususnya di negara Indonesia.
Lele sudah berhasil dibudidayakan semenjak puluhan tahun yang lalu, mulai dari pemebnihan hingga pembesaran, sehingga sudah dianggap sebagai lokal. Namun, akhir-akhir ini budidayanya mengalami banyak hambatan sehingga lele yang diperoleh dalam suatu periode pemeliharaan menurun. Akhirnya, tahun 1984 dikenalkan species gres yang diberi nama lele dumbo clarias batrachus namun, dalam perkembangan pembudidayaannya, lele dumbo ini pun akibatnya mengalami hal yang serupa.
Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan ikan dalam sajian makanan sehari-hari, ialah dengan jalan memelihara ikan di kolam. Ikan sangat penting, selain rasanya enak juga sebagai sumber protein hewani yang sangat pentig peranannya dalam tubuh kita. Pemeliharaan ikan lele dumbo, telah usang dilaksanakan sebagian besar masyrakat, contohnya cianjur, bogor, suka bumi, jakarta serta kawasan lain di Indonesia.
Di Indonesia masih jarang yang mengusahakan pembenihan ikan lele dumbo masyarakat biasanya hanya membesarkan benih yang dibeli pasar dan pedagang keliling. Ukuran ini sudah agak besar, sehingga dapaya dinikmati sebagai ikan lauk sehabis beberapa bulan dipelihara. Ikan sangat diharapkan terutama oleh belum dewasa untuk membantu perkembangan badannya, alasannya ialah didalam tubuh ikan bamengandung cukup banyak protein antara 16- 24 %, selain itu juga mengandung lemak antara 0,2 -2,2 %, Karbohidrat, garam-garam mineral, dan vitamin. Selain dari itu ikan lele ini sangat cocok di konsumsi oleh orang yang menderita tekanan darah tinggi, alasannya ialah didalam daging ikan tidak mengandung kolestrol. Kolestrol ini merupakan lemak yang jenuh, sehingga mengakibatkan penyakit atau kambuhnya penyakit tekanan darah tinggi.
Usaha perikanan tidak harus selalu dilaksanakan ditempat yang relatif luas dan kondisi air yang harus melimpah alasannya ialah kita sanggup mengushakannya sendiri perjuangan budidaya ikan itu mempunyai beberapa aspek, kegiatannya antara lain, pembenihan dan pembesaran.