Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Sale Pisang

 Indonesia mempunyai bermacam-macam penganan tradisional nikmat Resep Praktis: Cara Membuat Sale Pisang
Indonesia mempunyai bermacam-macam penganan tradisional nikmat. Salah satu yang terbaik yaitu Sale Pisang (kadang juga disebut Pisang Sale). Makanan yang satu ini dapat dijumpai di banyak kawasan dan menjadi buah tangan khas yang wajib dibeli selepas melancong. Sale pisang sendiri merupakan olahan pisang yang dibentuk dengan cara dikeringkan. Pada mulanya, pembuatan ini ditujukan untuk meminimalisir pisang yang terbuang percuma lantaran amis mengingat pisang di Negara kita memang cukup melimpah. Namun seiring perkembangan waktu, sale pisang melebur ke dalam budaya makanan Indonesia dan semakin digemari. Saat ini, sale pisang telah mengalami banyak penemuan dalam rasa. Penambahan unsur menyerupai keju dan coklat membuat sale pisang semakin nikmat. Cara membuat sale pisang ini intinya sangat mudah. Selain membeli, Anda juga dapat membuatnya dari dapur Anda.

Secara umum, ada beberapa cara mudah membuat sale pisang, antara lain:
  1. Sale pisang yang dibentuk dengan memakai asap, baik itu dari kayu atau belerang.
  2. Sale pisang yang dibentuk dengan santunan natrium bisulfit.
Masing-masing cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pembuatan sale pisang dengan natrium bisulfit dan juga asap sulfur dapat menanggulangi permasalahan yang dijumpai pada pembuatan sale secara tradisional yakni dengan asap. Dengan penggunaan natrium dan belerang, warna pisang sale lebih cerah, mikroba dapat diatasi dan perubahan warna dapat dicegah. Pembuatan secara modern ini basanya diterapkan oleh perjuangan sale pisang skala industri dan rumah tangga. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati pisang sale bersama keluarga, cara tradisional juga layak untuk diterapkan kok!

Cara Mudah Membuat Pisang Sale

Adapun materi yang diharapkan dalam pembuatan sale pisang antara lain:
  1. Buah pisang yang telah matang. Cermati kulitnya yang telah menguning. Jenis pisang yang baik diolah menjadi sale pisang antara lain pisang emas, pisang ambon,  dan juga pisang raja, alasannya yaitu cepat busuk. Jumlahnya terserah Anda.
  2. Air bersih.
  3. Tepung terigu, margarine, gula dan garam. Bahan ini opsional, alasannya yaitu sale pisang yang telah kering dapat eksklusif digoreng jikalau ingin.
  4. Bahan lainnya yaitu natrium bisulfit. Ini juga opsional, Anda dapat menggunakannya atau tidak. Jika ingin, dapat dibeli di apotik. Biasanya bentuknya dalam kemasan bubuk.

Cara Membuat Sale Pisang



Pisang yang telah matang dibuka kulitnya dan dibersihkan. Keruk bab kulit yang masih melekat pada daging pisang. Jika dibiarkan, daging pisang dapat berubah hitam. Kemudian belah 1 buah pisang menjadi dua bab sama besar. Jika Anda memakai natrium bisulfit, sebelum pisang dijemur dapat direndam dengan larutan berupa adonan air dan natrium bisulfit. Lama rendaman kira-kira 10 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan selama 15 menit. Setelah itu, susun rapi dalam satu wadah contohnya tampah dan jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 5 hari.

Setelah kandungan kadar airnya berkurang, pisang sudah bisa diambil dan selanjutnya disimpan. Saat hendak dikonsumsi, sale pisang dapat eksklusif digoreng. Jika menginginkan rasa yang lebih nikmat, dapat digoreng dengan terigu. Adapun adonan terigu tersebut berupa campurang tepung terigu, tepung beras. Perbandingannya 2:1. Masukkan gula pasir, garam dan margarine secukupnya. Tambahkan juga air, pastikan tidak terlalu encer dan juga keras. Setelah siap, celupkan sale pisang dan kemudian goreng.

Cara Mudah Membuat Sale Pisang cukup gampang bukan? Meski gampang tapi rasanya tetap mewah. Lebih nikmat lagi jikalau dalam keadaan panas Anda menaburkan parutan keju di atasnya. Bisa juga dengan membaluri coklat cair. Nikmat! Selamat mencoba ya.