Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah

Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah

Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah | - Penyakit fusarium atau sering disebut juga penyakit inul atau moler merupakan penyakit yang menyerang umbi bawang merah sampai membusuk.

Penyakit ini terjadi disebabkan oleh cendawan fusarium yang dibawa oleh bibit bawang merah atau tanah itu sendiri.

Bila penyakit ini berasal dari benih, maka tanda-tanda awal terlihat sesudah flora berumur 5 - 10 hari sedangkan jikalau penularan melalui tanah, maka tanda-tanda tampak sesudah flora berumur 3 - 4 minggu.

Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah

Tanda penyakit fusarium ialah flora menjadi cepat layu, akar flora amis dan di dasar umbi terlihat jamur berwarna putih, serta warna daun menjadi kuning dan melengkung (moler).

Cara mengatasi penyakit fusarium

Tahap 1

Lakukan pengemburan tanah kemudian jemur atau diamkan selama 2 - 3 ahad biar jamur yang ada didalam tanah mati terkena sinar matahari.

Buat gulutan dengan lebar 100 - 120 cm dengan ketinggian 40 cm biar flora bawang merah tidak tergenang air, lantaran jamur fusarium sangat menyukai daerah yang lembab.

Berikan kapur pertanian/dolomit untuk menaikan ph tanah menjadi 6 - 7, alasannya ialah jikalau tanah terlalu masam maka jamur ini akan berkembang dengan baik.

Sebaiknya bibit dilakukan penanganan sebelum ditanam,  dengan cara memperlihatkan fungisida biar bibit terbebas dari penyakit jamur fusarium.
Tahap 2

Lakukan pengontrolan sesudah flora berumur 2 ahad sesudah tanam, jikalau ada flora bawang merah yang terserang penyakit fusarium maka pribadi di cabut dan di musnahkan.

Kemudian bekas flora tersebut diberikan cairan fungisida biar penyakit tidak menular pada flora lainnya.

Bila flora mulai memperlihatkan tanda-tanda penyakit jamur fusarium maka proses penyiraman tidak di anjurkan dengan cara menggenangi atau ngelep lantaran penyakit jamur akan dengan gampang menyebar melalui air.

Demikian klarifikasi tentang Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.