Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Padi Organik Dengan Mudah

 Cara Menanam Padi Organik Dengan Praktis  Cara Menanam Padi Organik Dengan Mudah

Cara Menanam Padi Organik Dengan Praktis | - Dewasa ini makin banyak orang yang mencari materi bahan makanan yang mempunyai kualitas yang baik dan bebas dari materi kimia atau sering disebut dengan organik.

Karena semakin usang asupan gizi kita yang berasal dari makanan telah terkotori dengan zat zat berbahaya yang dihasilkan dari pestisida kimia yang digunakan para petani.

Maka dari itu banyak yang mencari materi makanan organik, selain seruan yang semakin meningkat harga jual dari flora organik cendrung lebih mahal dibandigkan dengan jenis flora yang bukan organik.

Berikut yaitu cara cara menanam padi organik

Cara Menanam Padi Organik Dengan Mudah



Pemilihan Bibit


Pilihlah bibit dari varietas unggul yang banyak terdapat ditoko pertanian didaerah anda menyerupai Cierang, IR dan lain sebagainya.

Kemudian rendam bibit dengan air semalaman kemudian tiriskan, selanjutnya masukkan bibit padi kedalam karung, simpan pada tempat yang sejuk atau didalam kamar mandi.

Buat bedengan dari tanah yang dicampur dengan pupuk sangkar yang sudah matang dan dibentuk gulutan.

Setelah bibit berkecambah semai bibit dengan cara menebar bibit secara merata dibedengan usahakan jangan hingga bertumpuk kemudian berikan pupuk sangkar halus dan tutupi dengan daun kelapa semoga terhindar dari sinar matahari pribadi atau habis terbawa air hujan.

Sirami bibit setiap pagi dan sore hari atau sanggup diadaptasi dengan kondisi tanah.


Pengolahan Lahan

Bersihkan lahan dari rumput liar yang mengganggu dengan memakai cangkul atau menyemprotnya dengan adonan garam, urea, sabun colek, solar, dan bensin.

Gemburkan sawah dengan memakai bajak atau cangkul semoga lahan gampang untuk ditanami kemudian buat garisan dengan jarak 25x20 cm dan setiap 2 - 6 baris buatkan jarak 40 cm atau sering disebut jajar legowo.

Berikan pupuk organik cair (POC) satu ahad sebelum penanaman. penasaran cara menciptakan POC silahkan baca Cara Membuat POC (Pupuk Organik Cair)

 Cara Menanam Padi Organik Dengan Praktis  Cara Menanam Padi Organik Dengan Mudah
Cara Pembuatan Garisan 


Penanaman Dan Perawatan

Penanaman padi sanggup dilakukan sehabis bibit padi berumur 25 - 30 hari, dengan cara mencabut bibit padi dari bedengan kemudian tanam di lahan sawah yang telah diolah sebelumnya.

Lakukan penyulaman sehabis padi berumur 1 - 2 ahad dan berikan pemupukan memakai POC dengan cara disemprotkan dilahan persawahanya, pemupukan berikutnya dilakukan sehabis padi berumur 30, 40dan 50 hari sehabis tanam

Untuk mengatasi hama yang menyerang menyerupai Belalang dan Wereng kita sanggup memakai materi bahan organik dari daun sirsat, penasaran lebih lanjut baca Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng .

Sedangkan untuk mengatasi hama Tikus kita sanggup memanfaatkan popok bayi yang sudah tidak digunakan dengan cara popok bayi yang sudah digunakan diisi dengan karbit kemudian masukkan kedalam lubang tikus.


Demikian klarifikasi tentang Budidaya Padi Organik Dengan Praktis semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.