Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula

Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula

Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula | - Mungkin bagi anda para peternak ataupun pecinta burung sudah tidak ajaib lagi dengan binatang yang satu ini.

Kroto atau semut rangrang merupakan makanan yang sering digunakkan untuk menciptakan burung burung gacor atau berkicau merdu.

Namun kini semakin susah untuk mendapat kroto dipasaran alasannya proses mendaptkan kroto masih bergantung dengan alam yang semakin sempit, balasannya meskipun barangnya ada namun harganya sangat mahal.

Melihat hal ini maka membudidayakan kroto merupakan peluang perjuangan yang masih terbuka lebar dan sangat menjanjikan. penasaran mirip apa caranya berikut penjelasanya

Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula

Dalam membudidayakan semut rangrang selain menggunaan toples sanggup juga menggunakan, paralon, bambu, besek bambu, botol air mineral dll sebagai kandang semut.

Yang tidak kalah pentingnya dalam membudidayakan semut rangrang atau kroto ini ialah diperlukan ketelatenan dan kesabaran serta pantang menyerah.

Proses Pembibitan

Untuk mendapat bibit kroto atau semut rangrang sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membeli dipeternak kroto atau mencarinya sendiri di alam.

Untuk mencari dialam yang harus kita lakukan ialah mencari sarang semut yang banyak terdapat dipohon pohon, sehabis sanggup bungkus sarang semut rangrang memakai karung supaya dikala pengambilan tubuh kita tidak digigit.

Pembuatan Sarang Semut

Buat sarang memakai materi bahan yang sudah saya jelaskan diatas tadi dengan cara 
  1. Toples bening, buatkan lubang sebesar pensil untuk keluar masuknya semut rangrang.
  2. Paralon, potong paralon 2 inci sepanjang 50 cm.
  3. Bambu, potong bambu diatas mirip mirip paralon
  4. Besek bambu, jadikan dua besek menjadi satu. 
  5. Botol air mineral, lakukan cara yang sama dengan toples bening.


Pembuatan Rak Semut

Buat rak semut secara bertingkat memakai kayu, bambu atau rak besi yang tinggal pasang untuk meletakan sarang sarang buatan yang sudah dibentuk diatas.

Berikan air disetiap kaki rak tersebut supaya semut tidak kabur, caranya dengan menyiapkan mangkok atau bejana kemudian isi memakai air. 

Letakkan rak ditempat yang kondusif jauh dari pemangsa mirip cicak, tikus dan ditempat yang teduh supaya tidak terkena air hujan yang akan menciptakan semut pergi.

Usahakan dalam meletakkan rak jangan melekat ditembok atau benda lainya yang akan menciptakan semut berjalan pergi meninggalkan sarangnya.

Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula
Contoh Rak Untuk Budidaya Kroto


Memindahkan Atau Merumahkan Semut

Setelah bibit dan sarang buatan siap maka selanjutnya kita memindahkan atau merumahkan semut rangrang. 

Dengan cara menyusun sarang buatan dirak kemudian berikan air gula disetiap sarang buatan, sehabis itu letakkan karung yang berisi sarang semut rangrang di rak bab bawah biarkan semut keluar dan mencari sarangnya sendiri.

Tujuan karung berisi sarang semut dari alam diletakkan dirak paling bawah alasannya pada habitat aslinya semut rangrang selalu menciptakan sarang dibagian pucuk atau atas pohon.


Perawatan Semut 

Dalam melaksanakan perawatan semut rangrang tidaklah sulit dan repot cukup dengan memperhatikan makan dan minumnya yang berupa jangkrik, belalang dan air gula atau sisa teh yang belum basi.

Selalu kontrol air di kaki kaki rak dan singkirkan benda yang melekat supaya semut tidak sanggup pergi kemana mana dan satu lagi, bersihkan bila ada jaring keuntungan laba alasannya sanggup menjadi jalan semut untuk pergi dari sarang.
Baca juga


Pemanenan Semut

Pemanenan sanggup dilakukan sehabis 3 - 4 bulan dengan tanda toples terisi penuh.

Dalam melaksanakan pemanenan yaitu dengan cara merontokan kroto didalam toples atau media lainya kemudian letakkan di nampan kemudian pisahkan kroto dan semut rangrang.

Setelah semut dan kroto terpisah, masukkan semut kedalam toples atau sanggup dengan cara merumahkan mirip yang sudah saya jelaskan diatas untuk dipelihara kembali jadi tidak perlu mencari atau membeli bibit lagi.

Demikian klarifikasi perihal Cara Praktis Budidaya Kroto Di Toples Bagi Pemula semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Selamat mencoba