Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Manfaat Daun Pisang


Berbagai Manfaat Daun Pisang
Buah pisang memang nikmat dan mengenyangkan! Kandungan kalorinya yang proporsional mengakibatkan ia sobat paling baik ketika diet. Tanaman pisang merupakan flora raksasa dengan daun berukuran relatif besar. Tanaman pisang menghasilkan buah dengan nama yang sama yakni, buah pisang hehe. Buah ini tersusun dalam tandan yang dibagi lagi dalam kelompok kecil berjulukan sisir. Selama ini, cuilan pohon ini yang paling terkenal dipakai yaitu buah. Meski demikian, ada sebagian masyarakat yang juga memanfaatkan cuilan tumbuhan pisang dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cuilan yang mempunyai banyak manfaat yaitu daun pisang. Mungkin selama ini seringkali Anda berpikir bahwa daun pisang hanyalah sebagai limbah. Hal tersebut salah lantaran manfaat daun pisang cukup beragam. Tak percaya? Cermati uraian berikut.


Manfaat Daun Pisang Sebagai Bahan Pembungkus Kuliner

Manfaat daun pisang yang paling terkenal yaitu sebagai pembungkus kuliner atau penganan kuliner. Daun pisang ini mengandung senyawa polifenol dalam jumlah yang relatif tinggi. Polifenol ini sendiri merupakan senyawa yang banyak ditemukan juga pada daun teh. Senyawa ini yang menciptakan daun teh mempunyai aroma yang khas. Karena itu, jangan heran bila kuliner yang dibungkus dengan daun pisang mempunyai cita rasa yang lebih ketimbang kuliner yang dibungkus dengan plastik misalnya. Adapun kuliner yang sering dikemas dengan memakai daun pisang antara lain arem-arem, belibis betutu, bandeng presto botok, tempe, doko-doko, dadiah, burongko, nasi bungkus, tumpeng dan masih banyak lagi lainnya. Khusus untuk tempe, kabarnya dengan membungkusnya memakai daun pisang, tempe akan tahan jauh lebih usang ketimbang dibungkus dengan plastik biasa.

Penghalau Deman Serta Hiasan Upacara

Manfaat daun pisang lainnya yaitu sebagai obat alamiah penghilang demam.  Jenis daun pisang yang dipakai yaitu yang masih muda. caranya cukup mudah. Daun pisang yang masih muda atau juga disebut pupus, ambil dalam jumlahnya cukup satu pelepah saja. Selanjutnya, bersihkan daun pisang tadi dan oleskan minyak kelapa pada cuilan permukaannya. Kemudian, tempelkan daun tersebut pada cuilan dahi, leher perut dan juga punggung si sakit. Tunggulah beberapa waktu hingga demam menghilang. Resep ini merupakan warisan turun temurun nenek moyang kita. Meski secara medis belum dikaji tetapi menurut pengalaman temurun tersebut, cara ini memang cukup ampuh mengatasi demam khususnya pada anak-anak.

Selain sebagai pembungkus kuliner dan juga pengusir penyakit demam, manfaat daun pisang lainnya yaitu sebagai materi perhiasan atau hiasan pada upacara keagamaan. Daun pisang telah berabad-abad lamanya menjadi cuilan dari upacara akhlak terutama bagi mereka yang beragama Hindu juga Budha. Daun pisang biasanya dijadikan ganjal untuk materi sesaji yang akan dipersembahkan dan terkadang juga juga dipakai sebagai penutup. Beragam manfaat daun pisang ini tentu akan menciptakan Anda berpikir dua kali untuk membuangnya bukan?